Berdamai Dengan Masa Menstruasi


Pernah punya masalah emosional sehubungan dengan menstruasi? Please bilang iya kalau memang iya, biar gw ngerasa normal. Hehehhe.

Jadi, hari ini hari ke 3 masa period gw bulan ini dan kerasa berat banget karena sempet drop. Sakit. Udah sembuh, tapi kena sakit leher lagi karena kebanyakan nunduk (lagi cari cara ngegambar tanpa perlu terlalu nunduk). 

Gw pernah share masalah emosional gw setiap masa menstruasi. Sebagian besar masa menstruasi gw, terutama hari pertama, bikin gw harus waspada

Kenapa? Karena pada masa-masa itu, gw kayak kehilangan kasih sayang sama anak sendiri. Setiap dia bikin salah dikit, emosi gw bisa meledak-ledak. Apakah biasanya gw meledak-ledak? Ga. Gw bisa ngomong dengan tenang sekalipun gw lagi marah. Apakah gw bisa mengendalikan rasa benci gw? Ga. Bener-bener kehilangan rasa sayang. Bahkan di otak ada agresifitas berbahaya setiap gw marah. 
Apakah kondisi gw normal? Buat gw ga normal. Kalo normal, gw ga akan mengeluhkannya tiap bulan. Gw tahu gw berbahaya kalau lagi kayak gini. 

Cara gw mengatasinya

1. Sadari siklus menstruasi
Pas masih single gw ga ngitung siklus menstruasi gw secara cermat. Setelah gw inget-inget sepertinya masalah emosional ini udah gw alamin dari sejak remaja. Tiap menstruasi ada masanya emosi gw ga bisa gw pahami atau kontrol. 

Setelah mengalami mental breakdown beberapa kali, gw pelajarin pola gw ngerasa tertekan parah. Kelihatan kalau gw lebih banyak tertekan pada saat menstruasi. Di luar itu, masalahnya lumayan gede pun gw bisa tenang mikir. 

Dari situ gw mulai itung masa menstruasi gw dan pasang alarm otomatis di kalender. Puji Tuhan mens gw teratur jadi ga kesulitan soal itungan ini. Kalender hp juga menghitung dengan tepat. 

Jadi, setiap gw mulai ngerasa gelisah. Ga mau disentuh, gampang nyapnyap sama bocah, gw langsung cek kalender. Kalo sesuai masa menstruasi, gw langsung lega. Di situ nenangin diri dan minimal bertahan 2 hari dengan kondisi ga enak yang gw alami. Bertahan dan nahan diri ga berespon secara implusif. 

Buat kamu yang belum tahu cara menghitung siklus menstruasi caranya mudah sekali. Siklus menstruasi dihitung dari hari pertama haid sampai ke hari pertama haid berikutnya. 

Misalnya tanggal 2 saya mens pertama, jika mens berikutnya tanggal 30 di bulan yang sama, kemungkinan besar siklus mens saya 28 hari (30-2 = 28). Jadi untuk memperkirakan mens berikutnya tinggal tambahkan 28 hari dari tanggal 30 tersebut.

Tiap-tiap perempuan pastinya punya siklus yang berbeda. Sebagian besar perempuan memiliki siklus 21-35 hari. Kamu bisa cek siklus normalmu berapa hari dengan mencatat tanggal-tanggal hari pertama menstruasi. 

2. Melakukan apa pun yang bikin nyaman
Entah ngemil, nonton, tidur lebih panjang. Pokoknya yang bisa ngalihin dari respon ga tepat ke bocah. Kalau bisa mengabaikan sedikit tugas rumah tangga, ya abaikan. Tapi biasanya tetap dikerjain juga sih. Hanya pada saat parah banget kondisinya gw milih buat biarin dulu.

Prioritas utama gw tiap kondisi gw lagi buruk banget adalah ga melakukan respon yang salah ke bocah. Gw rasa tiap kali gw lagi ngalamin hal ini, cuma itu yang terbaik yang bisa gw lakuin. 

3. Menerapkan gaya hidup sehat
Gw ga tahu sih gangguan hormon ini ngefek dari makanan atau ga (sepertinya iya). Tapi kalau misalnya lagi mens ditambah kurang tidur, itu kaya double hit. Makanya gw ngusahain good habit salah satunya adalah biar bisa punya mood yang stabil kalau lagi mens. 

Mulai dari tidur yang cukup, olahraga, makan makanan sehat. Termasuk konsumsi jenis informasi di socmed, drama atau film di media streaming. Berhubung pas jadi ibu-ibu gw makin sensitif, ya peka-pekaan aja, sekalipun berita atau informasinya benar, kalau kondisi gw lagi ga ok buat nerima secara jernih, ga gw baca. Paling gw tandain biar ntar bisa gw baca.

Drama-drama yang menguras emosi, terutama rasa marah, gw hindarin total. Biasanya gw ngecek grup drakor. Kalau yang ngebahas sampe ngomel-ngomel, gw udah ga mau nonton sekalipun lagi hype banget. 

Segitu ngaruhnyakah? Iya, di gw itu ngaruh banget. Jadi, gw mending ga mencobai diri sendiri. Apa yang gw terima akan mempengaruhi cara gw ngerespon bocah gw. Makanya, gw mending jaga diri baik-baik supaya bocah gw juga nerima hal yang baik juga dari gw. 

Baca juga: 
[KESEHATAN] MOOD SWING PMS YANG MERUSAK

[CURHAT] BERHADAPAN DENGAN RASA SAKIT


Apakah 3 hal ini konsisten gw jalanin? Konsisten walau kadang bocor dikit. Hehehe. Sejak gw jalanin 3 hal ini gw ngerasa jauh lebih baik dan lebih sehat. Gw bisa berhadapan dengan bocah gw sebagai manusia, bukan monster. 

Tuhan gembleng gw dengan keras dulu sebelum gw ngerti soal hal-hal ini. Tapi Dia kasih hikmat gw buat belajar. Kalau ga, mungkin sekarang gw masih tersesat. 😭😭😭

Buat para pejuang menstruasi. Semangatttt!!

NB: Bulan ini menstruasi berat banget. Gw ngerasa monster yang udah lama gw kendaliin kayak mau keluar. Sejauh ini masih lagi nyari tahu kenapa bisa drop walau ga separah dulu. Apa karna jadwal, makanan, atau yang lain. Kalau udah nemu sebabnya, semoga bisa nemu penyebabnya. Jujur, ini nyiksa banget. Buat konsentrasi susah luar biasa, badan ga enak banget, frustasi sama banyak hal sepele yang kalo ga lagi mens tuh biasa aja. Ini hari ke 4 mens bulan ini, semoga besok kondisi gw udah lebih baik.

Jadi ternyata masa menstruasi gw bulan ini memang lebih panjang dan berat. Biasanya 3 hari udah bersih. Ini baru bersih setelah hari ke 6. Darahnya lebih banyak. Mungkin pengaruh stress kemarin. Nyari-nyari di google cara meredakan mood drop selama menstruasi pas baca "jaga asupan karbohidrat". Ya udah tambah cemilan, bikin teh manis. Lumayan ngebantu dan bertahan sampai selesai. Setelah selesai mens akhirnya mood balik lagi. Udah bisa berhadapan dengan bocah. Seperti yang gw bilang, rasa benci itu ilang total. Udah bisa bercanda sama bocah lagi, kalo marahin juga dengan otak lurus, bukan hati panas. 

Ya moga2 emak2 yang ngalamin kayak gw bisa lebih sabar sama anak-anak pas lagi ngalamin 😂😂. Kita emang ga minta dapet kondisi kayak gini, tapi minimal kita bisa berdamai dengan kondisi berulang ini. Biar bisa tetap bisa produktif, sehat, ga perlu sampai ada masalah besar atau ambil keputusan-keputusan yang salah gara-gara lagi menstruasi. 

Sehat-sehat semua.

2 Comments

  1. Mulai bulan ini aku dah ngga menstruasi lagi, gak tahu harus sedih atau nggak. Baru nyadar kelewat hampir seminggu dari jadwal. Trus nyadar, o iya ya, aku dah ga mens lagi. Akakakak.

    BalasHapus

Populer