Friday, November 22, 2013

Siapa Yang Salah??

Suatu hari, di saat OSIS sedang mengadakan acara besar dan mengundang banyak sekolah, kepanitiaan kami mengalami beberapa masalah. Salah seorang guru dari sekolah memanggil PIC A (perempuan) dari salah satu pertandingan dan menanyakan tentang jadwal. Mungkin karena sudah tertekan dan lelah, PIC A ini memanggil PIC B yang menangani pertandingan lain yang memang seharusnya ia yang menjawab. Waktu saya menanyakan ada apa, PIC A menanggapi dengan penuh emosi dan menyalahkan PIC B di depan guru tersebut. 

Saya waktu itu agak shock dengan reaksi PIC A dan agak malu pada guru tersebut. Bagaimana pun sebagai pembina OSIS saya mengharapkan anak-anak binaan saya bisa saling menolong dan mendukung, kompak dan tidak bertikai. Ya, tapi waktu itu saya menahan diri untuk menegur mereka saat itu juga. Sama halnya sepertinya mereka, saya juga tidak mau ditegur di depan umum.

Sukacita Di Dalam Kesulitan



Sejak berhenti dari pekerjaan yang lama saya belum mendapat pekerjaan yang baru. Berharap sih sebenarnya bisa menghasilkan uang dengan bekerja dari rumah, tapi belum kepikiran mau jualan apa.. Yang ada malah OL tiap hari sambil beres-beres rumah dan main games (nikmatnya duniaaa..akakaka).
Yah,biar begitu segala sesuatu ada enak dan ga enaknya. Kenapa? Karena saya harus mengatur keuangan dari gaji aki dengan sangat hati-hati. Gimana caranya supaya aki tetap bisa dapet gizi yang terbaik dan juga ga kurang rekreasi. Paling penting, JANGAN SAMPE GA PERPULUHAN. Soal tetap perpuluhan ini emang bener-bener ngebunuh daging biar tetep setia dan percaya sama penyertaan Tuhan.

Saturday, November 16, 2013

Review: Let Me Be a Woman

lilinkecil.com
Judul buku   : Let Me Be A Woman
Pengarang   : Elisabeth Elliot
Penerbit     : OMID Publishing House
Harga         : Rp. 39.000
Got from www.lilinkecil.com

Sebagai seorang istri yang baru menjalani pernikahan 2 bulan 15 hari, saya sering bertanya-tanya  
" Tuhan, apa yang harus saya lakukan sebagai seorang istri? Apa yang harus saya lakukan pada perasaan saya yang terkadang seperti menekan saya dan saya tahu perasaan itu bukan berasal dari Allah?"

Elliot menjawab semua pertanyaan saya lewat buku yang ia tulis untuk putrinya Valerie yang akan segera menikah saat itu.


Layaknya seorang ibu kebanyakan yang akan melepas anaknya perempuan untuk menjadi seorang istri, Elliot memberikan  pesan-pesan berharga yang membuka mata saya begitu lebar. Bahkan beberapa diantara pesan itu membuat saya menangis karena seolah-olah pesan itu ditujukkan khusus untuk saya. Tidak banyak anak perempuan seperti Valerie yang bisa mendapatkan pesan dari sang ibu, pesan yang dalam dan kuat disaat mereka akan memasuki sebuah pernikahan. 

Tuesday, November 12, 2013

Review: Make Today Count: Rahasia Hidup Seimbang dan Bermakna


lilinkecil.com




Make Today Count by John C. Maxwell
Terbitan : mic publishing
Harga : Rp40.500
Baca : 8-7-13
Jumlah halaman: 209
ISBN : 978-979-15857-8-1


Kalau diibaratkan menyebutkan 1 kata untuk menggambarkan buku ini, saya akan menyebut kata DISIPLIN. Dalam satu buku mungil berukuran setengah A5 ini, terisi 12 hal yang perlu kita disiplinkan dalam hidup seperti, SIKAP, PRIORITAS, KESEHATAN, KELUARGA, PEMIKIRAN, KOMITMEN, KEUANGAN, IMAN, HUBUNGAN, KEMURAHAN HATI, NILAI dan PERTUMBUHAN.

Mr. Maxwell tidak hanya menjelaskan mengapa kita perlu melakukan disiplin dalam 12 hal ini, tapi ia juga memberikan beberapa masukan dan cara-cara praktis yang dapat kita praktekan dalam kehidupan sehari-hari.

Aplikasi
Kalau hikmat apa yang di dapat, jujur saya bingung mau menulis dari mana. Yang pasti buku kecil ini memberi banyak lebih dari ukurannya. Beberapa area seperti kesehatan, pioritas, keuangan, sikap, dan pertumbuhan sudah saya praktekan. Tapi di bagian hubungan, keluarga, dan nilai masih harus saya perbaiki.
Jujur saya mengalami penurunan di area-area ini. Penurunan seperti apa? Misalnya, komunikasi dengan keluarga jarang sekali saya lakukan. Alasannya, saya tidak suka komunikasi lewat telepon. Saya lebih suka komunikasi yang bertatap muka langsung. Tapi dengan kondisi saya yang berada di luar kota dan jarang pulang ke rumah, memangnya komunikasi apa lagi yang bisa saya lakukan? *fuhhh.... (Jika kita tahu hal baik dan tidak melakukannya, dosa looohhh...Tidaaakkkk).

Review: The Shack: Mengenal Tuhan Dari Sudut Yang Berbeda


Lilinkecil.com




The Shack
Pengarang : William P. Young
Penerbit : Andi
Harga: Rp. 58.000, -

The #1 New York Bestseller

Buku ini sudah pernah di review Nonik, tapi saya sangat antusias untuk bisa membagikan apa yang saya dapat. :D jadi tak apalah ya

Buku ini tentang Masa Transisi Mack menemukan arti iman yang sejati. Masa lalunya yang pahit karena ayahnya yang pendeta tapi pemabuk, membuat iya memiliki pandangan tertentu tentang Tuhan.

Suatu hari hidupnya terguncang lagi. Putrinya, Missy, diculik dan dengan segala upaya ia bersama kepolisian mencari putrinya. Tapi yang mereka temukan hanya gaun Missy yang berlumuran darah. Missy dinyatakan tewas dan keluarga Mack mengadakan upacara pemakaman tanpa ada jasad Missy di dalam peti.Kejadian itu mengguncang Mack dan keluarganya.

Melawan Teori Cinta

Beberapa bulan sebelum menikah, saya terngiang-ngiang kalimat ini -- Jatuh cinta itu karena hormon cinta dan hormon itu hanya bertahan 3 bulan. Sama seperti di awal-awal pernikahan, keromantisan biasanya hanya akan terasa manis selama 3 bulan dan selanjutnya akan terlihat jelas borok-borok pasangan. ---

http://www.colourbox.com/preview/1269948-119406-romantic-couple-enjoying-walk-in-park.jpg


Ok, saya setuju dengan kalimat itu walau tidak pernah membuktikan teori tersebut. Waktu teringat kalimat itu saya berdoa pada Tuhan, 

Tuhan, saya tidak mau perasaan kasih saya pada suami saya nanti karena hormon. Karena zat kimia yang sebenarnya bisa saya kendalikan dengan pikiran saya. Tuhan, saya mau hormon itu ada di dalam diri saya sampai kematian memisahkan kami. 

Gaji Buruh Naik 3,7 Juta??

Tadi masuk ke group di FB dan ada yang posting gambar ini


Yang sudah kita tahu kalau akhir-akhir ini para saudara kita yang bekerja sebagai buruh lagi pada demo supaya gaji mereka dinaikan jadi 3,7 juta. Waktu pertama denger sampa shock dan tidak terima juga sih. Saya saja S1 gaji setelah beberapa tahun kerja baru segitu. 

Baca-baca berita makin prihatin juga.Kalau gaji para buruh sampai dinaikan segitu, kemungkinan besar pengusaha 'mungkin' bisa merugi. 

Monday, November 11, 2013

Jadi Lebih Plegmatis

Sejak menikah, entah kenapa saya merasa menjadi lebih stabil (plegmatis). Kenapa mikir begitu ya?? 
Waktu salah satu sahabat saya datang ke kosan untuk berkunjung--Thank you Rinaaa... Saya bingung mau ngobrol apa. Hahahha... Maksud saya, biasanya kalau bertemu dengan salah satu sahabat saya, saya ingin menceritakan sesuatu, tapi waktu itu otak saya seperti kosong. Tidak ada yang ingin saya ceritakan. 

Entah kenapa saya jadi lebih hati-hati menjaga mulut saya. Mungkin karena saya sudah komitmen tidak akan menceritakan masalah rumah tangga saya dengan sembarangan. Belum lagi pemikiran ingin menjaga hati sahabat saya yang masih single ini agar tidak jadi menggebu-gebu ingin menikah. Ahahhaha... Soalnya saya kadang begitu kalau baca cerita orang.

Akhirnya saya bertanya pada dia, bagaimana keadaan dan pergumulannya yang sedang dia hadapi. Dari situ akhirnya saya baru bisa mengeluarkan apa yang saya pikirkan akhir-akhir ini dan membagikan beberapa perubahan kebiasaan, situasi dan tanggung jawab setelah saya menjadi istri.

Ah, ya.. Sori, Rin kalau saya jadi makin kaku. Bukannya tidak mau cerita juga. Ga jarang sih seperti yang pernah saya ceritakan pada Rina, kalau sudah cerita sama Babe, saya jadi tidak tahu mau cerita apa. Sekarang, waktu saya makin banyak untuk ngobrol dengan Babe. Tidak ada keluhan dan tidak stress yang menekan. Merasa tidak ada yang tidak perlu diceritakan. Ahahhaha... Seolah hal-hal buruk saja yang bisa diceritakan :p.

Ya, yang pasti saya merasa semakin stabil. Anehhh.. Apakah semua istri-istri mengalami ini??




Sunday, November 10, 2013

Video Pre-Wed Kagak Jadi Dipake

Ini pideo prewed yang sudah disiapkan jauh-jauh hari, tapi kagak jadi dipake karena batre handycamnya habis. Akakakak... jadi cuma sepotong cerita. Sisanya akhirnya cuma pakai foto-foto yang dijadiin pideo (sudah diputar di pemberkatan). Yang lagi persiapan merit dan lagi cari-cari ide, mungkin ini bisa bantu buat dapet ide. Udah pasti lebih bagus dari yang ini dong yaaa... Heehehehhehe... Ini dia pideonya :D
http://www.youtube.com/v/WFKiHFaf5Uc?autohide=1&version=3&attribution_tag=FEZ3GaXAGVUQKq8FefwDJA&feature=share&autoplay=1&autohide=1&showinfo=1

Thursday, November 07, 2013

Pieces Of Stories: Kumaafkan Sekali Lagi... Lagi.. dan Lagi

Cerita ini sebenarnya pengalaman pribadi... Garis besarnya :D. Jadi, di kejadian ini saya belajar satu hal, hal kecil jangan dibesar-besarkan. Apalagi kalau memang pasangan kita ga salah. Maksud saya, kadang memang ada saatnya situasi tidak kita duga dan membuat kita tidak nyaman, saat itu kita harus belajar untuk melihat segala sesuatu dengan apa adanya tanpa perlu menyalahkan siapa pun. Yah, masalah ini yang salah satunya mengajarkan saya untuk bisa menjadi wanita yang marah pada tempatnya dan dengan cara yang benar.

Bagaimana pun, jika kita ingin punya hubungan yang nyaman kuncinya satu, MEMPERLAKUKAN PASANGAN KITA SEPERTI KITA INGIN DIPERLAKUKAN. Jika kita ingin dimengerti, kita pun harus mengerti pasangan kita. Jika kita tidak suka diintimidasi, jangan mengintimidasi pasangan kita.

So, semoga bisa jadi berkat :D

Pieces Of Stories: Kumaafkan Sekali Lagi... Lagi.. dan Lagi: Pukul 18.30. Sudah setengah jam aku menunggu di sini. Mobil, motor, bus dan kendaraan bermotor lainnya hilir mudik di depanku dan aku teru...

Wednesday, November 06, 2013

Pieces Of Stories: Sadarku...

Kita wanita mudah tersentuh dan rapuh. Kebaikan kecil dapat membuat hati kita berbunga dan bahagia. Namun tanpa kita sadari kita lupa untuk menjaga hati kita karena ada hal-hal manis yang memanjakan kita. Jadilah bijak karena sebenarnya kita tetap bisa mengecap rasa manis tanpa perlu merasa pahit.

Pieces Of Stories: Sadarku...: Mawar itu sudah mengering. Warnanya yang dulu putih sudah menjadi coklat dan tidak menarik sama sekali. Air di dalam vas sudah tidak bisa...

Hai Gadis...

Hai Gadis..
Siapakah dirimu di dalam hatimu?
Siapakah dirimu di dalam cermin?
Siapakah dirimu di mata orang lain?

Monday, November 04, 2013

Jangan Menikah Kalau...




Jangan menikah kalau...

Kamu masih berpikir waktu menikah kamu bisa ditemani pasanganmu setiap saat, dimana saja dan kapan saja. 

Karena kenyataannya, kamu akan punya kesibukan sendiri, begitu pun dia. Yang perlu kamu ingat saat menikah justru yang perlu kita ingat, sekalipun terpisah jarak (jauh, sedang, atau pun dekat), kamu dan pasanganmu adalah satu jiwa, satu hati, satu roh, dan satu daging di dalam Tuhan. 

Pasanganmu bukan bodyguardmu yang harus menemani kita 24 jam. Dia bukan hp-mu atau dompetmu yang harus setiap saat ada di tasmu. Dengan melakukan atau pergi sendiri selagi kita bisa, kita menghormatinya dan mengasihinya dengan tulus. 

So, kalau masih berpikir pasanganmu adalah malaikat penjagamu, pikirkan baik-baik apakah kamu benar-benar mau menikah??

[ARTIKEL] Dia yang PHP atau Gw yang GeeRan??

Bess-Hamiti Haaahhh... Ayo streching dulu dan pemanasan sebelum mebahas topik ini. Topik ini bukan cuma untuk para wanita, tapi jug...