[IMAN] Banyak Minta Ampun Saat Kecewa

October 17, 2017 Lasma Manullang 0 Comments

Eh, ga salah tuh judul?? Ga. Bener kok. Waktu kita dikecewakan, banyak-banyak minta ampun.

Eh, mungkin orang lain ga berlaku. Tapi ini berlaku buat saya.

Setiap kali saya kecewa, saya sulit percaya orang lain. Otak saya mulai mencari-cari alasan bahwa saya adalah korban dan orang itu menyakiti saya. Dari situ saya mulai menghakimi lalu hati saya menjadi keras. Marah pada 1 orang jadi marah pada semua orang.

Berdoa sama Tuhan melepaskan pengampunan, tapi belum lega.. Ternyata saya belum minta ampun sama Tuhan. Saya belum meletakkan hak saya untuk membenarkan diri. Selama saya masih bawa-bawa hak itu, saya akan tetap bereaksi sama setiap kali orang melukai saya.

Oh ya ampuunnn... Kenapa harus kita yang lurus?? Sedangkan orang itu ga mau ambil jalan lurus supaya hidup saya tenang, senang??...

Yahh, gimana yaaa... Hidup benar soalnya  tujuannya bukan untuk merubah orang lain tapi bentuk ketaatan cinta kasih pada Tuhan. Fokus utamanya hubungan kita sama Tuhan. Hubungan kita dengan sesama adalah buah dari hubungan baik kita dengan Tuhan.

Susah boookkk... Apalagi kalau kesalahan orangnya itu lagi, itu lagi. Mau nangis darah... Iya??

Itu makanya kita perlu minta ampun sama Tuhan, minta ampun karena sulit melepas... Saat melepas dan minta ampun... Saya pribadi merasa lebih sanggup menghadapi keadaan yang ga sesuai harapan. Lapang dada bahasa kerennya.

Dengan minta ampun sama Tuhan seperti hati ini bilang sama Tuhan, " Kerajaan-Mu datanglah, kehendak-Mu jadilah."

Sadar ga sadar, pas kita sakit hati, pasti ada aja kan dosa dipikiran kita. Mikirin jelek tentang orang itu, mikir jelek tentang diri kita, ga jarang berprasangka buruk sama Tuhan.

Dengan ngaku dosa, kita merendahkan diri sama Tuhan. Mengakui ketidak sanggupan kita untuk hidup benar dengan kekuatan kita sendiri. Saat kita mengaku, Tuhan memulihkan kita dengan Kebenaran-Nya, janji-Nya. Dan itu melegakan lebih dari balas dendam atau nyinyir dalam bentuk apa pun.

Kalau kamu terluka, jangan lupa minta ampun sama Tuhan. Kadang Tuhan ijinkan kamu terluka supaya kamu lebih bijak, tapi segeralah datang sama Tuhan, supaya lekas pulih dan kamu pun jadi pemenang.

1 Yohanes 1:9 (TB)  Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.

You Might Also Like

0 komentar:

Terima kasih sudah mampir, jangan lupa tinggalkan komentarmu yaa. Saya juga akan mampir ke blogmu ;)