[Tips] Upgrade Skill Lewat Social Media

May 23, 2018




Hi Gorgeous!!
Hi emak2 Gorgeous.. Yang cantik, bawel, rempong, tapi selalu sempat cek socmed untuk sekedar curhat ke tembok karena hanya dia satu-satunya pendengar yang baik, ga pernah komplain, menghakimi, apalagi ngebully....(saya sangat mengerti).

Ngomong-ngomong soal socmed yaaa, Jeung, biasanya berapa jam dalam sehari mantengin hp?? Saya jujur bisa seharian. Hahahha. Iya, soalnya harus melihara blog ini biar page viewnya tetap terjaga. Plus cari-cari pasar buat bisnis sendiri. Ditambah lagi nyari inspirasi buat kerjaan.


Sibuk banget kayaknya. Padahal ga juga.

Ga jarang juga saya terjebak di lingkaran setan cuma scroling socmed, reload, scroling, dll. Apalagi kalau ada topik yang saya bisa konsen banget ke topik ituu. Misalnya, teror bom di Surabaya dan kasus pelecehan seksual. Bisa satu hari isi curhatan FB saya tentang topik yang sama. Mungkin, orang sampai bosen liat updatan saya.

Tapi itu biasanya kejadian luar biasakk. Jarang terjadi. Beneraaan (iya, percaya


Biasanya yang paling sering bikin saya kehabisan kuota sebelum waktunya itu nonton video tutorial. Kebanyakan saya nonton tutorial makeup dan gambar. Kalau di Instagram, lebih banyak lagi tutorial yang saya tonton dan bikin saya langsung ngerasa bisa melakukan hal yang sama, berasa expert (engingeng... Hanya ilusi).

Nah, Jeung, gimana dengan Jeung? Kuota habis buat apa? Jangan bilang buat mantengin Lambe Turah dan Mimi Peri beserta komen-komennya yaaa. Ngaku gpp kok, karna saya juga pernah terjebak di dalamnya. Hihihihi. Maklum, IRT kurang hiburan.

Daripada sibuk sama gosip (apalagi bulan puasa) mendingan kuota dipakai buat belajar sesuatu yang lebih berfaedah. Iya kaaannn Jeungg?? Ini saya mau bocorin beberapa channel youtube dan Instagram yang bisa difollow dan nambah ilmu.

1. Channel beauty vlogger
Selama beberapa tahun belakangan ini yaa, dunia dipenuhi wanita-wanita cantik dengan makeup yang canggih. Bahkan sekarang cewe-cewe udah ga perlu lagi yang namanya ikut kelas makeup kalau cuma buat makeup kondangan atau hang out. Cukup buka youtube atau instagram, masukan kata kunci, dan berjejerlah channel tutorial makeup yang super komplit.


Nah, daripada ngegosip, mendingan kan belajar makeup. Syukur-syukur bisa makeup sendiri buat berbagai acara. Jadi, ga perlu keluarin kocek buat bayar makeup artist.

Beauty vlogger yang paling saya rekomendasi ada 5. Tiga dari Indonesia, 2 lagi orang bule. Ini dia merekaaa

Ada Rachel Goddard dengan gayanya yang ga biasa. Wanita mungil yang sedang menanti kelahiran buah hatinya ini bukan cuma memberikan tips seputar kecantikan, tapi juga hiburan yang bikin saya ketawa ngakak dengan tingkahnya. Paling demen kalau lagi segmen review jujur seputar produk kecantikan yang sedang populer di dunia persilatan. Ada aja adegan tak terduga. 



Kelebihan lainnya, dia berkulit gelap. Jadi, udah pasti makeup yang dia gunakan shade dan warnanya bakaln cocok buat cewe-cewe Indonesia. Palingan kalau kulit Jeung putih, jadi lebih keliatan cetar dengan shade yang dia pakai hehehe. 


Tasya Farasya, si pengantin baru, calon dokter gigi yang jago makeup. Dia kalau ngomong cepet banget tapi saya sih suka... (saya sih yess..). Terhibur dengan cara dia menjelaskan yang anak gaol banget hehehe. Beberapa trik makeupnya malah sangat membantu. Terutama yang bikin bulu mata cetar tanpa perlu bulu mata palsu hahahha. Berhasil banget di saya. Oprek2 deh channelnya, ga bakal nyesel dapetin ilmu dari dia. 



Shallow Stuff, sampai hari ini saya ga tahu nama aslinya dan ga punya waktu  buat nyari tahu. Dia cuma punya socmed Youtube dan ga ada socmed lainnya. Wowww... Ga sih. Saya rekomendasi dia untuk jadi tempat belajar makeup dan upgrade ilmu seputar kecantikan karena dia menjelaskan setiap produk yang dia gunakan dengan sangat detail. Bahkan dia selalu melakukan tes makeup, pagi dipakai, sore atau malam ditunjukkan bagaimana produk itu bertahan. Saya paling banyak mendapat ilmu kecantikan dari Shallow Stuff ini. 



Satu lagi.. Kulitnya Indonesia banget. Sayangnya jenis kulit dia kering, jadi produk yang cocok di dia pasti ga terlalu cocok di saya.


Mypaleskinblog, pernah liat foto before after makeup yang pertama wajahnya penuh jerawat, yang kedua mukanya langsung berubah total jadi sangat flawless.



 Itu dia Em. Dia salah satu Beauty Vlogger yang punya masalah dengan kulitnya, yaitu jerawat. Jerawat dia parah banget sih. Bukan lumayan parah, tapi parah banget. Dengan makeup dan teknik makeupnya dia bisa membuat kulitnya jadi terlihat sempurna. Apakah berarti dia ga terima dirinya sendiri? Ga pede?? Bukan sih. Makeup itu sebuah kesenangan. Sama seperti melukis atau menulis kesenangan yang bisa menjadi sebuah keahlian. Bermakeup bukan berarti ga terima diri sendiri. Ya, mungkin ada yang menggunakannya karena ga pede. Tapi sekarang cewe-cewe kebanyakan bermakeup sebagai kesenangan, bahkan jati diri.



Em, salah satu beauty vlogger yang sangat menginspirasi saya.

CosmobyHaley, umurnya baru 22 tapi skillnya dalam bermakeup bikin saya jiper. Saya rekomendasi dia karena makeup-makeupnya yang hampir "selalu" bisa digunakan. Selain itu, saya suka wajahnya. Agak-agak mirip juga sama murid saya dulu yang cinta banget sama seni. Hahahha...



Itu dia beberapa channel beauty vlogger yang bisa jadi acuan mengupgrade kemampuan makeup para jeung-jeung Gorgeous. Jadi jangan lagi ada alis sinchan atau lakban diantara kita. Please, jangan.



2. Channel DIY
DIY alias Do It Yourself populer banget beberapa tahun belakangan. Petunjuk-petunjuk praktis untuk mengatasi masalah-masalah sepele harian mulai dari yang masuk akal sampai yang ga masuk akal. Sudah tahu channelnya?? Saya ga subscribe youtubenya tapi follow instagramnya.

Amazing DIY. Akun ini memposting video DIY dari berbagai sumber. Sayangnya akhir-akhir ini postingannya sudah ga terlalu menarik. Mungkin ada yang tahu akun IG DIY yang lebih ok??


3. Handycraft
Kamu suka melipat dan membuat scrapbook?? Kamu bisa coba subscribe channel Pink&Fun. Channel asuhan Susana ini menggunakan bahasa Portugis... Tapi dengan melihat video saja sudah lumayan paham kok. Siapa tahu bisa sekalian belajar bahasa Portugis (ya...yaa..)



Dari channel Pink & Fun ini saya baru tahu kalau alat lipat melipat kertas sama rumitnya dengan memahat atau melukis. Banyak perintilannya. Tapi seru liatnya. 

4. Realistik Ilustrasi
Nah, kalau kamu suka menggambar yang kelas berat, suka menggambar yang mirip dunia nyata terutama manusia?? Jeung, bisa subscribe channel Kirsty Patridge Art. Saya banyak menambah ilmu menggambar realistik dari video-videonya. Di tangan dia, gambar yang dulu buat saya ga mungkin bisa saya buat, jadi terlihat mudah. Waktu saya coba... Ya ampunnn... Ternyata saya bisaaa... (bahagia tak terkira) 



Channel lain yang saya ikuti Bajan Art yang lebih banyak menggambar tokoh fantasi. Rasanya mau maki-maki hasil karya dan kerjanya saking bagusnya. Teknik yang ia gunakan sudah tingkat dewa. Bahkan saya melihat proses pembuatannya tetap merasa ga bisa sampai ke levelnya. Tiap lihat video proses lukisannya dibuat antara merasa puas, mendapat pelajaran, dan ciut. Boleh dilihat. Mungkin kamu akan merasakan yang kurasakan.



Untuk orang Indonesia sendiri bisa lihat channel 
Wahyu Dwijaya. Saya belum bongkar-bongkar videonya, tapi dari gambar-gambarnya kelihatan luar biasanya.




Seniman lainnya yang bisa jadi kiblat Shierly Art. Hasil-hasil sangat realistik. Bikin ngirii. Wanita yang tinggal di Yogyakarta ini ternyata sudah cukup terkenal dengan karya-karyanya. Bisa dilihat dari postingannya di IG ehhehe.





5. Memasak
Sayaaaa ga suka masak. Ga suka nyuci, nyeterika, dan semua pekerjaan rumah tangga. Jadi, memang buat jadi IRT ituhhh kerja keras luar biasa. Tapii, karena saya ga punya ART mau ga mau masak sendiri. Dengan adanya channel masak memasak di youtube dan IG, saya banyak terbantu.

Di Youtube saya ga ada subscribe channel memasak tapi saya memang aplikasi Cookpad di hp. Di IG saya follow beberapa akun masak memasak. Seperti, belajarmemasak1 dan masaktv. Sedikit banyak dari video-videonya saya jadi tahu beberapa teknik memasak.




Di Cookpad saya bisa mencari resep masakan yang ingin saya buat dan memilih resep yang paling sesuai dengan bahan di rumah. Paling tertolong sih pakak Cookpad ini. 

Sebenarnya masih banyak lagi channel yang sangat membantu dalam mengupgrade kemampuan dan keahlian kita. Bahkan kemampuan bahasa, matematika, dan fisika. Tinggal ketik kata kunci di kolom search dan guru gratisan tersedia di depan layar hp.

Sudah kebayang mau upgrade kemampuan apa di bulan ini?? Kalau Jeung ada channel Youtube atau IG yang recommended buat upgrade ilmu, bisa nih tulis nama akunnya di komen.


Makasih sudah menyimak dan semoga bisa berguna. 


Jangan lupa follow by email blog ini ya buat dapet info postingan terbaru atau follow IG saya di @lasma_manullang

15 comments:

  1. Emang bener ya, mending ngabisin kuota buat hal2 yg berfaedah gini, aku suka banget ngliat tutorial make up ataupun DIY, lebih menarik daripada liat gosip artis yg ga ada faedahnya hahahaha

    Meta,
    www.ursula-meta.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, kalau ikutin gosip artis waktu kebuang, tapi ga dapet apa2 ahahhaha. Ngalamin dah.

      Delete
  2. Aku ngakak nonton yg video rachel hahahaha... Jadi Bye lah yaaa alat pembuat alis itu.pdhl td aku kira bkl sukses :p. Secara aku ga jago bikin alis :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa dia pas disitu lucu banget. Aku juga ngakak sampe sakit perut 😂😂😂

      Delete
  3. Itu wow banget hasil karya-karya lukisan di Realistik Ilustrasi .. keren-keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, bikin terpukau. Kok bisa. Kok bisaa.

      Delete
  4. Terima kasih mbak Lasma Frida atas info berpuasa yang bermanfaat ini

    ReplyDelete
  5. Twrima kasih sudah berbagi rekomendasu channel2 bermanfaat. salam kenal

    ReplyDelete
  6. Twrima kasih sudah berbagi rekomendasu channel2 bermanfaat. salam kenal

    ReplyDelete
  7. aku juga suka terjebak ama lingkaran setan. kalo di fb ada istilah "see first", ada akun2 yang kita ikutin yang kita percaya tulisannya itu up to date dan layak buat di share. sama kali ya ama ig.. tergentung kita pilih yg mana (akun yg mau kita pantengin)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakwakwak iya mba. Kalau udah ada topik yang buat kita menarik, bawaan jadi kayak obsesi.

      Delete
  8. Wah sama nih mba, aku juga suka cari ilmu via socmed. Bahkan bisa makeup dan lettering juga gara2 nonton di Youtube doang, makanya suka heran sama yg nanya gmn sih kok bisa gitu? Kok bisa sih bikin itu? Lah di Youtube tuh buanyak yg ngajarin 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bersyukurnya jaman teknologi kayak gini ya mba. Banyak ilmu gratis. Hehhehe

      Delete

Terima kasih sudah mampir, jangan lupa tinggalkan komentarmu yaa. Saya juga akan mampir ke blogmu ;)

Powered by Blogger.