[REVIEW] Belanja Online Terburuk Mineral Botanica

February 04, 2018


Hi temans,
Jarang-jarang nih saya posting blog khusus komplain merk tertentu. Sebenarnya bukan buat menjatuhkan, tapi buat teman-teman bisa memilih cara terbaik berbelanja produk yang akan saya sebutkan ini.


Jadi ceritanya sabun muka dan toner Love Nature Tea Tree saya habis, tapi buat nunggu diskon Februari kelamaan. Akhirnya saya blog walking skincare bahan alami non paraben yang kira-kira bisa gantiin skincare yang biasa saya pakai, ramah kantong dan produk lokal.

Di awal-awal sebenarnya saya sudah melirik produk Mineral Botanica (MICA) karena sudah pakai face mistnya dan saya suka. Setelah baca-baca reviewnya akhirnya memberanikan diri buat beli face wash dan tonernya karena day lotion Tea Tree saya masih banyak.

Sebelumnya saya berencana mau belanja di Tokopedia, tapi pas lagi buka-buka IG eh muncul tuh iklan Mineral Botanica. Saya langsung cek IGnya dong dan di situ tercantum website resmi. Di website resmi produk lebih lengkap dan banyak yang baru. Bisa belanja dari situ pula.

Saya coba-coba masukan keranjang produk-produk yang mau saya beli untuk melihat cara belanjanya. Terlihat simpel dan gampang. Ya, udah besoknya saya langsung melakukan transaksi. Invoice pun langsung masuk e-mail. Saya bayar lewat mobile banking dan langsung melakukan konfirmasi pembayaran lewat e-mail yang dicantumkan.

Sampai saat itu saya tenang-tenang saja sampai saya menerima balasan e-mail lagi dari MICA kayak di gambar.



Antara bingung dan "ya, udahlah"... Akhirnya saya tunggu lagi sampai besok buat dapet e-mail balasan yang lebih jelas. Entah status pembayaran atau status pengiriman. Besoknya, ternyata ga ada e-mail lain yang masuk dari MICA.

Saya jadi curiga donggg. Jangan-jangan website nipu atau akun IG nipu. Saya cek ke IGnya ternyata di situ udah ada beberapa yang komplain soal status pembayaran. Jadi, saya belanja skincare itu berbarengan dengan launching produk baru MICA yang kolaborasi dengan beauty blogger Tasya Farasya. Antusiasme para customer ternyata luar biasa. Hari pertama sempet sold out. Jadi, mungkin admin atau staffnya kewalahan buat melayani pelanggan.

Tapiii, saya jadi ga sreg karena makin hari makin banyak yang komplain. Tiap hari ada yang komplain di IG MICA dengan status orderan mereka.

Saya sendiri sempat mengirim WA tentang status orderan saya dan baru dibalas 2 hari kemudian. Barang saya terima sekitar seminggu kemudian dan hanya dikirim face wash. Invoice juga berbeda dari yang tertera di e-mail. Di invoice tertulis hanya 1 produk. Saya langsung melakukan komplain lewat DM IG di tanggal 30 Januari dan sampai sekarang tidak dibaca apalagi dibalas.



Saya cek komentar-komentar di IG dan makin banyak yang komplain. Memang ada beberapa barang yang sudah diterima, tapi lebih banyak yang belum dikirim. Yang paling mengecewakan MICA seperti ga ada usaha untuk komunikasi yang baik dengan pelanggan. Kayak diabaikan begitu saja.





Entah bagaimana cara kerja MICA dibelakang komputer untuk menangani pelanggan yang pasti sebagai pebisnis online sekaligus customer saya tahu pasti namanya bisnis komunikasilah yang paling utama. Barang terlambat datang itu masih bisa dimaklumi jelaskan dengan baik pada pelanggan. Kepercayaan pelanggan pada kita akan tetap terjaga. Tapi kalau barang terlambat dan kita ga ada niat mengkomunikasikan dengan baik, sekalipun barang itu datang dengan aman, percaya deh, orang ga akan percaya lagi buat belanja di toko kita.

Kendala dalam berbisnis itu wajar kok, tapi juga ga bisa mengabaikan 1 pihak yang butuh keterangan dan kepastian. Minimal baca dan jawab keluhan konsumen yang lagi panik dan pastinya jangan cuma lipservice yaaa.

Jadi, buat temen-temen yang saat ini ada berniat belanja produk MICA saya sarankan jangan langsung ke website untuk menghindari masalah yang sama. Lebih baik ke tokopedia, shopee, atau shoponline sejenis yang responnya akan lebih cepat.

Saya sendiri juga akhirnya beli tonernya (lagi.. Hikss) di shoponline langganan yang respon dan pengirimannya lebih cepat.

Moga-moga MICA bisa memperbaiki sistemnya karena produk bagus pelayanan buruk bisa jadi nol besar hasilnya.

Postingan ini akan saya update, jika masalah komplain saya dan customer lain benar-benar sudah diselesaikan. Terima kasih.


No comments:

Terima kasih sudah mampir, jangan lupa tinggalkan komentarmu yaa. Saya juga akan mampir ke blogmu ;)

Powered by Blogger.