[REVIEW] Serem Pakai Menstrual Cup



Ini review Menstrual Cup dari Mathis Women. Pengalaman masing-masing orang bisa beda-beda ya.

Sejak menstrual cup happening di dunia para wanita, gw udah lumayan tertarik buat nyoba. Gw males kudu bersihin pembalut dengan bau darah yang semerbak. Plus kadang pembalutnya bikin kulit sekitar selangkangan lecet-lecet. Tapi karena memakai menstrual cup berarti memasukan benda asing ke dalam salah satu organ tubuh, gw agak mikir berkali-kali. Serem cuyyy. Wakwakwak. Takut sakit, takut ganjel, bocor kagak. Setiap ada topik di socmed tentang menstrual cup, gw pasti ikutan nyimak. Bahkan komen-komennya gw bacain karena biasanya di situ ada tips-tips praktis.

Tadinya gw udah masukin wishlist produk menstrual dari merk lain. Tapi tahu-tahu menstrual cup Mathis Women lagi promo, jadi gw beli dehh. Maklumlah, emak-emak carinya belanja hemat.

Waktu paket dari MW ini sampai, dalam paket ada kotak kardus dan 1 produk Menstrual Pain Relief Patch yang jadi produk gratisan. Gw belum coba sama sekali penghangat perutnya karena memang period kemarin ga butuh.

Di dalamnya juga ada, sudah pasti menstrual cupnya, kantong penyimpanan dan petunjuk pemakaian.



Kenapa gw yakin aja beli menstrual cup dari Mathis Women? Kalau mau murah kan bisa beli yang murah-murah tuh. Yang cuma pakai plastik bungkusannya. Hehehhe. Ya, maap yaa.. Soalnya ini buat bagian dalem badan gw. Hemat sih hemat, tapi kan gw mikir juga belinya. Kalau ada yang berani pakai yang lebih murah ya gpp juga sih. Cuma gw masih agak parnoan kalau beli sembarangan.

Jadi MW klaimnya kalau menstrual cup ini 100% medical grade, FDA approved, sertifikasi ISO, nyaman dll. Gw sih kagak ngecek satu-satu, modal percaya aja. Haahahha. 

Intinya sih gw cari murah tapi tetap aman. Pas gw cari-cari ya, MW ini yang masih terjangkau dompet gw.

Pas liat produknya juga ga aneh-aneh. Ya warna silikon putih. Makin normal kayaknya bikin gw makin ngerasa aman. Toh buat di dalem, bukan buat diliat-liat. Testimoni di tokonya pun menjajikan dan bener-bener personal testimoni. Makin yakinlah gw beli yaa.

MW sendiri nawarin 3 ukuran menstrual cup

SMALL
Tinggi: 5,5cm
Diameter: 3,8cm
Daya tampung : 18ml
cocok untuk remaja/ wanita yang belum melahirkan atau buat yang baru pertama kali ingin mencoba.

MEDIUM
Tinggi: 6,3cm
Diameter: 4,3cm
Daya tampung : 25ml
cocok untuk kamu yang berusia diatas 25 tahun, bisa digunakan untuk kamu yang sudah melahirkan dan yang belum melahirkan.

LARGE
Tinggi: 6,95cm
Diameter: 4,7cm
Daya tampung : 35ml
cocok untuk kamu yang berusia diatas 25 tahun dan sudah pernah melahirkan.


Karena gw udah nikah dan pernah bersalin pervaginam, gw pilih yang Large. Agak deg-degan sih kalau kegedean gimana. Bakal sakit kan takutnya. Wakwakwak....Tapi ya udahlah cincay, namanya nyoba ya ambil resiko aja.


Hari pertama:

Seperti biasa awalnya ada flek di celana dalam dan akhirnya gw memberanikan diri buat nyoba. Bingung dong gw nyobanya. Mana badan gw gemuk, penuh lipatan dan ganjelan. Wakwakwak. Gw lipet menstrual cup sesuai petunjuk susah bener pasangnya. Gw ngerasa kayak orang bego sih di kamar mandi nyari posisi yang pas buat pasang tuh cup segede gaban.

Setelah nyoba beberapa posisi, akhirnya satu-satunya cara hari pertama gaya anjing pipis. 

Pas kepasang gimana? Suakittt wakwakwak. Ganjellll. Gw sampai mikir apa gw salah ukuran??

Tapi dengan segala upaya akhirnya gw pasang walaupun bagian ekornya ganjel banget. Gw juga tetap pakai pembalut karena takutnya masih ada bocor.


Baca juga: BERDAMAI DENGAN MASA MENSTRUASI


Gitu yaa, bukannya googling dulu cari tips biar pas pasang ga sakit, gw pasang dulu baru googling. HAHAHAHAH.

Gw googling beberapa artikel dan sempet nongol juga threadnya di twitter. Baca tips-tipsnya. Ternyata basahin dulu kulit vagina biar lembut. Gw juga akhirnya nyoba jenis lipatan lain yang lebih menguncup jadi lebih gampang masuk. Gw nyoba tips itu dan Puji Tuhan, pas pasang setelah buang darah yang ke 3 kali, bisa pasang dengan lancar walau masih agak ganjel.

Pilihan cara melipat cup untuk memasang



Hari ke 2

Gw udah mulai lancar pasang lepas cupnya tapi masih pakai pembalut juga walaupun ga ada bocor sama sekali. Gw baca-baca lagi tips lainnya memakai menstrual cup dan ternyata gw kurang ngedorong cupnya dan putar cupnya supaya lipatannya bisa lepas dan cupnya terpasang dengan sempurna. Akhirnya gw memberanikan diri ngedorong dan memutar cup. Berhasil dan rasa ganjelnya jauhhhh berkurang. Malah ga berasa lagi pakai menstrual cupnya.


Cara lipatan yang berhasil buat gw


Hari ke 3

Makin lancar aja gw pakai menstrual cupnya. Paling penting lagi gw udah ga pakai pembalut lagi dan Puji Tuhan ga ada bocor-bocor kakak!! Seneng banget gw berasa berhasil menyelesaikan quest game yang level advance. 

Tips dari gw kalau mau pasang dengan gampang terutama yang berbadan gemuk, pas duduk di toilet, turunin celana dalam sampai ke mata kaki biar kaki bisa kebuka lebar. Kalau ternyata masih susah ya pakai cara awal gw, angkat satu kaki lebih tinggi.


Gw paling ngerasain sakit pas ngeluarin. Sakit banget pas ga tahu caranya. Jadi sebelum ditarik, dijepit dulu bagian bawah cupnya, yang di atas ekornya. Dari situ baru deh dia bebas keluar. 

Ga usah ngerasa aneh ya kudu pake jari dll. Vagina itu bagian tubuh kita sendiri. Ngomongin jorok-jorok bisa, pas bagian ngurus kesehatan ya ga usah pake ngerasa aneh. 

Kalau tips buat yang belum aktif secara seksual, gw ga tahu mau kasih tips apa. Mungkin bisa nyari di blog tetangga. 

Terlepas dari semua rasa ga nyaman dan cara masang yang lumayan bakar kalori, menstrual cup ini gw rekomendasi banget. Terutama buat manusia-manusia malas kayak gw yang lebih suka praktis, efisien dan hemat waktu. 







Cara Pemakaian dan perawatan




Kesimpulan

Nama produk: Menstrual Cup by Mathis Women

Info: 
Menstrual cup adalah sebuah alat, dimana kamu bisa gunakan selama masa haid untuk menampung darah menstruasi.
Made from 100% hypoallergenic medical grade silicone, lulus standarisasi FDA & bersertifikat ISO, jadi aman banget untuk di gunakan. Produk bisa digunakan secara berulang hingga 10 tahun.


Bahan : 100% hypoallergenic medical grade silicone

Harga : 110.000 - 150.000. Beli di  SINI

Nilai: 4,5/5  gw belum pernah nyoba menstrual cup lain. Tapi sejauh ini gw pakai puas karena beneran ga bocor dan nyaman aja.

Repurchase? Yes




Editing pic via CANVA. Coba Canva Pro GRATIS
 

2 Comments

  1. senangnya makin banyak yg pakai menscup :D
    saya sudah pakai selama hampir 4 tahun kak dan jadi agak buluk haha mungkin sudah waktunya ganti kali ya
    jadi tertarik cobain merk yg mba review ini, saat ini saya masih pakai organicup

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah udah lama banget Mba 4 tahun. Udah bisa ganti MC yaaa.

      Hapus

Populer