[REVIEW] Aplikasi Alkitab Dengan Permainan


Wow wiw wow, sepertinya bulan ini rekor bisa bikin 2 postingan. Hahahhaha. Walaupun semuanya postingan review, semoga tetap memberi manfaat. 


Ini nulisnya sambil nunggu sop ayam dan nasi mateng. Daripada scroling socmed dan ga tahu mau ngapain, mending saya selesaikan review aplikasi satu ini yang sudah ngerem di draft beberapa hari. 


Jadi, saya menemukan aplikasi ini... Lupa sih waktu itu kenapa nyari aplikasi Alkitab anak. Kayaknya karena sering ikut kebaktian Jumat si bocah, mikirnya seru juga kalau bisa bacain cerita Alkitab ke si bocah. Kalau jaman dia masih belum 5 tahun, boro-boro kan nyimak. Sekarang, dia sudah bisa diajak diskusi tentang cerita Alkitab. 


Ya, akhirnya saya cariin aplikasi Alkitab anak di tabnya. 

Buka-buka, nemulah yang satu ini. Reviewnya bagus. Trailernyanya juga menarik. Saya cek gambar-gambarnya, apakah ada gambar salib? Hehhehehe.. 


Iya, untuk yanh satu itu saya harus benar-benar cek, karena ga semua yang bawa-bawa nama Yesus itu, percaya kalau Yesus itu Tuhan. Ada dogma dan doktrin yang beda di beberapa sekte/aliran yang "Kristen" tapi sebenarnya mereka bukan Kristen. 

Karena iman saya dan suami percaya Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat, untuk soal pembelajaran iman ini pun saya harus hati-hati memilih. Banyak aplikasi yang gambarnya bagus, gambar Yesus tapi setelah diamati ternyata dari aliran ajaran lain. Makanya untuk aplikasi-aplikasi seperti ini saya harus lebih cermat. 

Jadi, seperti apa sih aplikasi Alkitab Anak ini?

Mulai dari saat kita membuka aplikasi, kita akan disuguhkan gambar yang menarik seperti ini. Cerita Alkitab dibuat menjadi seperti perjalanan dan petualangan. Setiap Babnya harus didownload dulu setiap pertama kali membuka. Sebaiknya mengganti bahasa yang kita mau sebelum memulai. Di bawah nanti akan saya info caranya. 


Ini dia tampilan saat kita ingin membuka Bab pertama. Ada judul, keterangan dan ayat referensi. 

Saat sudah terdownload, akan ada narator yang menceritakan narasinya di tiap halaman. Kita orang tua juga bisa membacakan narasinya yang tertulis di sisi kiri. Bisa juga ajak anak untuk membaca. Selesai membaca, tap logo buku berwarna biru di sisi bawah layar. Naskah narasinya akan menutup. 

Saat naskah narasi menutup, kita dan anak-anak bisa memainkan setiap gambar. Seperti monyet yang bergelantungan akan melemparkan pisang setiap kali kita tap. Atau ikan yang berenang akan melompat. Bocahku suka sekali waktu pertama kali mencobanya.

Ini contoh lain penciptaan siang dan malam. Tap pada gambar dan siang malam akan berganti-gantian. 


Buka terus sampai Bab selesai. Baca narasi setiap halaman dan terus lanjutkan permainan. 

Ini gambaran Tuhan menciptakan bintang dan benda langit. Gambar yang digunakan adalah tata surya dimana kita tinggal. Sebutkan planet-planetnya supaya si kecil juga belajar. 


Sambil menceritakan tentang pekerjaan tangan Allah, temukan gem💎 yang tersembunyi pada gambar. Pada gambar di atas bisa dilihat pada bagian gunung ada permata. Tap di situ untuk mengumpulkan gem. 


Ajak anak-anak untuk menyimak dengan seksama setiap cerita karena akan ada pertanyaan mendadak yang muncul sesuai cerita yang sedang kita baca. 
Begitu pula di akhir Bab. Akan ada pertanyaan tambahan. 


Pada saat kita menyelesaikan 1 bab, kita akan mendapat bintang. 

Seru kan? Akan lebih jelas kalau dicoba sendiri sih. Untuk diawal-awal biasanya antusias banget bisa baca 2, 3 bab tapi selanjutnya bisa dicicil 1 bab per hari. Supaya si kecil benar-benar mencerna apa yang ia simak. Jangan lupa ajak diskusi tentang apa yang sudah kita baca untuk memastikan ia memahami cerita. 

Di luar dari cerita setiap bab, ada fitur-fitur yang bisa dimanfaatkan.


Fiture untuk mengubah gambar profile. Bisa dibuka pada logo orang di bagian sisi kanan bawah. 

Ada banyak pilihan gambar.
Supaya progres baca Alkitabnya tersimpan dengan baik, jangan lupa sambungkan dengan email dan social media. 


Setelah tersambung dengan email/socmed, baru kita bisa mengatur profile

Dalam  1 aplikaai, kita bisa memasukan bbrp profile. Ini akan sangat membantu jika kita ingin membacakan pada tiap anak di waktu yang berbeda dengan progress yang berbeda. 

Ingin mengubah bahasa? Bisa cek settingan aplikasi. Pada bagian halaman awal tap logo roda gerigi dibagian kanan bawah. Makan akan muncul seperti ini. Pilih LANGUAGE

Bagusnya aplikasi ini ada banyak versi bahasa. Sebaiknya ganti settingan bahasa di awal supaya tidak download ulang. 
Pada saat kita memilih bahasa lain, kita akan diminta untuk update. 


Tentang aplikasi Alkitab Anak ini, hal yang saya suka, TIDAK ADA IKLAN. Untuk pembiayaan programnya dijalankan mereka benar-benar mengandalkan donasi dari pengguna dan yayasan yang menaungi. Bekerja sama dengan OneHope yang ternyata John C. Maxwell terlibat di dalamnya. 


FYI, John C. Maxwell adalah pembicara, penulis buku seputar kepemimpinan. Buku-bukunya banyak mempengaruhi saya dalam pengembangan karakter. Dalam setiap tulisannya saya menemukan iman Kristiani yang bisa dipraktekkan secara universal. Nilai-nilai yang semua orang akan setuju kalau hal itu memang baik untuk dilakukan


Jika kita ingin berdonasi, kita bisa mengecek bagian perihal. 

Kita akan langsung diarahkan untuk mendaftarkan diri terlebih dahulu. 

Akan muncul pilihan angka donasi. Sayangnya masih dalam bentuk dolar dan tidak bisa pakai ovo atau gopay. Hehehhe. Di sini saya akhirnya urungkan niat untuk donasi dulu. Paypal saya sudah bisa dimanfaatkan. 


Teman-teman bisa cek yayasan yang terlibat pada bagian kredit.


Jadi, itu dia aplikasi Alkitab Anak yang membuat saya dan si bocah antusias. 

Yang perlu saya tekankan, secanggih apa pun Alkitab dibuat, anak-anak akan lebih antusias kalau kita orang tua ikut terlibat membacakan dan bermain. Manfaatkan aplikasi ini untuk membangun hubungan dengan mereka sambil mengenalkan bagaimana Allah berkarya dalam hidup manusia, termasuk hidup si bocil-bocil. 

Terima kasih sudah menyimak. Semoga bermanfaat. 






0 Comments

Pulang ke Sumatera lewat jalur darat

Pulang ke Sumatera lewat jalur darat
Nikmati perjalananmu bersama bus ANS. Hubungi nomor hp tertera untuk pemesanan tiket Merak-Banten