[Resep] Sop Ayam Sederhana Mama Gi

September 12, 2018 Lasma Manullang 1 Comments



Tinggal potong, cemplung, masak. Jadi. Cocok buat praktek belajar masak.



Bahan:



3 bagian ayam dipotong 3 lagi. Biasanya 1 ayam saya minta dipotong 12, nah ambil 3 dari 12 itu terus potong 3 lagi. Ngerti kan ya hehhe. Pastikan sudah bersih dari residu2 bulu dll ya.
1 ruas jahe segede jempol, potong tipis2.
1 batang wortel potong biasa. Suka2 aja. Mau dibikin bentuk wajah Neymar juga boleh.
3 siung bawah merah iris
3 siung bawang putih iris
1 batang daun bawang iris
2 cangkir air
1 sendok teh garam
Penyedap secukupnya
Lada sedikiiitt karna sudah ada jahe. Kalau mau lebih hangat bisa tambahin jahe atau ladanya. Biat doer.



Cara masak:

Siapin panci. Jangan langsung masak diatas kompor. Udah pasti ga jadi.

Masukin ayam, jahe, wortel, bawang merah, bawang putih ke panci. Biarkan mereka berenang dengan 2 cangkir air.



Langsung deh panasin di atas kompor. Jangan lupa dinyalain apinya.

Ga usah nunggu mendidih, masukin garam, lada, penyedap. Biar meresap ke daging setiap rasa yang telah dicampurkan dengan segenap hati dan cinta.

Kalau sudah mendidih, biasanya muncul tuh lemak2 dan kandungan tak berfaedah. Nah, buangin pelan2. Jangan sampai ayam dan semua isi sop ikut kebuang.

Kalau sudah keliatan bersih, tes rasanya. Kurang garamkah? Kalau kurang ya tambahin.

Baca juga [Resep] Sandwich Telor Dadar


Rasa sudah ok. Matikan api, taburin daun bawang. Aduk dan biarkan beberapa saat. Jangan langsung dimakan, kebakar ntar lidah.

Siap disajikan dengan nasi hangat. Nasi dingin juga boleh. Ga pake nasi juga boleh. Kasih tetangga juga boleh.

Semoga bermanfaat buat yang lagi belajar masak tapi minim perlatan dan males ulek2. Bisa masak di rice cooker nih buat anak kosan hahahhaha.

Kalau mau cari resep gampang lainnya, bisa cari di aplikasi Cookpad.

Pas ada yang recook di cookpad,
senang bukan main hahhaha



You Might Also Like

1 comment:

  1. Wakakaka...
    Ngakak bacanya mbaaa. .

    Asyik banget masak hanya cemplung2 aja ama iris2.

    Kalau saya bumbunya dihaluskan, pakai merica, pala, bawang putih.
    Jahenya di memarkan aja sih.

    Biasanya bikin pas anak batpil :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir, jangan lupa tinggalkan komentarmu yaa. Saya juga akan mampir ke blogmu ;)