[REVIEW] Website LIPI, Kumpulan Jurnal Ilmiah Akses GRATIS

 



Hmmm dari judulnya apa mungkin ada yang mikir kalau apa yang akan saya review ini kurang menarik? Hahahha, ya ngga apa-apa sih. Tapi karena saya sendiri sudah lama sekali mencari website yang bisa mengunduh jurnal ilmiah secara gratis, rasanya menemukan website ini adalah sebuah berkah mukjizat. Hehehe.

Buat mahasiswa angkatan di bawah 2011 yang tugasnya banyak melakukan penelitian dan baca jurnal pasti tahu susahnya mencari jurnal buat jadi bahan referensi. Apalagi kalau universitas tempat kita kuliah, fakultasnya masih seumur jagung. Sudah pasti mencari referensi jurnal penelitian tidak gampang. Lebih ngeri lagi kalau perpustakaannya ga update. 

Beberapa bulan ini saya teringat akan masalah itu, susahnya cari jurnal ilmiah yang gratis dan bisa dibaca dengan bebas. Sepengetahuan saya jurnal-jurnal ilmiah lebih banyak disediakan website luar. Itu pun berbayar. Sedangkan, saya sedang ingin mengembangkan cara menulis saya diblog. Jadi ga cuma sekedar melempar opini tapi juga didasari penelitian atau teori yang mendukung. 

Saya membaca beberapa tulisan saya yang dulu-dulu, kebanyakan lebih pada opini yang akhirnya bisa menjadi labeling pada hidup orang lain. Tulisan-tulisan yang menyatakan opini, menunjukkan masalah, tanpa menuliskan solusi yang bisa mencerahkan, membuat saya gelisah. Kenapa saya bisa menulis seperti itu?? Sekalipun opini saya benar jika ditelusuri secara ilmiah, opini saya jadi seperti pendapat yang hanya mengawang saja. 

Kalau teman-teman pernah membaca buku yang menuliskan buah pemikiran yang didukung dengan fakta hasil penelitian, buah pemikiran itu jadi terasa lebih kuat. Nah, saya mau menulis seperti itu. Entah untuk tulisan berbau argumentasi ataupun persuasi. Bisa mendidik orang, gitulah. 

Puji Tuhan, entah bagaimana, saya nyasar sampai di website LIPI yang berisi kumpulan jurnal penelitian yang didaftarkan. Rasanya senang sekali bisa membaca lagi tulisan ilmiah. Walaupun sudah lupa cara membaca angka statistik, setidaknya saya tidak lupa dengan bahasa-bahasa ilmiah yang digunakan. Jadi, minimal saya bisa mengerti dan mencoba menuliskannya dalam bentuk yang lebih sederhana. 

Meskipun masih ada beberapa kelemahan, tapi website ini sangat saya rekomendasikan untuk mencari jurnal-jurnal ilmiah sebagai bahan referensi tugas, skripsi, penelitian dll. 

Jadi, ini dia cara menelusuri website Jurnal LIPI


Alamat lengkap websitenya http://isjd.pdii.lipi.go.id/



Pada bagian pencarian (yang ada tulisan ALL, kita bisa melihat pada bagian kanan ada pilihan KATEGORI. Di situ terdapat berbagai macam bidang ilmiah yang bisa kita pilih. Setelah memilih KATEGORI, kita tulis kata kunci topik ingin kita cari pada bagian ALL. Agar pencarian segera diproses, jangan lupa klik lambang/logo search pada bagian kanan bagian KATEGORI (yang gambar kaca pembesar itu looh).




Jika proses pencarian berhasil akan muncul kotak di paling atas. Klik OK. Kenapa ini PERLU banget saya beritahu? Karena website ini sepertinya masih agak ribet, untuk kata kunci yang tidak ada dalam daftar terkadang website malah jadi error. Jadi kita harus merefresh. Tapi kalau kata kunci ada dalam daftar jurnal, akan muncul kotak di atas. Biar ga bingung ya. Biar ga kaget, makanya dikasih tahu. Hehehehe.




Ini dia contoh pencarian yang berhasil. Untuk melihat profile jurnal yang kita mau, klik pada bagian logo search (Kaca pembesar). Sayangnya tidak semua judul jurnal memiliki dokumen jurnal yang bisa didownload. Kalau ada jurnal yang bisa didownload, teman-teman akan melihat profile jurnal seperti gambar di bawah




Kita bisa melihat nama dokumen pada bagian FULLTEKS. Tulisan berawarna merah. Kita tinggal klik dan dokumen akan terbuka. Tinggal download untuk menyimpan. Tapi kalau dokumen Jurnal tidak ada, biasanya bagian FULLTEKS akan kosong.




Ini dia contoh jurnalnya. 






Iseng-iseng mencari penelitian tentang drama Korea, ternyata ada dan cukup baru.

Sayangnya, website jurnal ini terlihat kurang menarik. Selain tulisannya kecil-kecil, deretan daftar judul jurnalnya pun terlalu rapat. Agak susah payah kalau buka di handphone. Proses loadingnya pun cukup lama (entah karena internet di rumah yang agak-agak). Tapi di luar itu, saya tetap senang bisa menemukan website jurnal ini.


Gimana? Apakah info ini membantu teman-teman? Kalau iya, jangan lupa share ke teman-teman yang membutuhkan ya.




Illustration pic: PublicDomainPictures







Post a Comment

0 Comments