Tuesday, April 30, 2019

[Kecantikan] Rutinitasku Mengatasi Breakout




Hi Gorgeous,
Sudah berapa lama ya saya ga posting lagi. Hahaha. Setelah beberapa kali ingkar janji mau posting soal skincare yang saya pakai akhirnya terealisasi juga.

Jadi, buat teman-teman yang sudah pernah baca tentang masalah kulit saya yang mengalami breakout, pasti tahu keparahan kondisi kulit saya yang sudah banyak totol seperti dalmantion. Dari yang malu banget sampai ga tahu malu dan bodo amat dengan kulit polkadot. Yang belum tahu ceritanya, bisa cek di link bawah ya







Sebelum breakout ini memang saya sudah mengalami masalah kulit yang berjerawat. Saya sudah mencoba beberapa produk yang berakhir dengan kekecewaan. Terakhir kali saya mencoba tips dari salah satu beuty blogger, menggunakan aloevera gel sebagai base skincare atau masker. Ternyata di saya tidak cocok dan berakhir dengan breakout.

Sedih bangettt.. masalahnya, sebelum breakout yang kali ini saya juga pernah mengalami breakout yang parah dan untuk memulihkannya perlu waktu bertahun-tahun. Sudah membaik sebentar, eh breakout lagi. Hahahhaha... gimana ga down.

Dari situ saya belajar untuk ga coba skincare yang macam-macam lagi. Saya mulai sortir skincare yang selama ini ga bermasalah selama saya pakai. Bahkan ada yang membuat kulit saya kinclong selama saya hamil (walau mengandung paraben ..hehehhe...).

Saya kembali menggunakan skincare-skincare tersebut dan Puji Tuhan kulit saya kembali sehat. Bahkan lebih sehat dari sebelum mengalami breakout. Tiap saya pakai makeup sekarang lebih nempel. Kulit saya yang dulu kayak tambang minyak tapi kering, jadi lebih lembab tapi cenderung normal.

Penasaran produk-produk yang saya pakai dan rutinitas penggunaanya?? Ini diaa

1. Micellar water

Micellar water ini wajibbbb..jibbb..jib saya pakai sebelum cuci muka di pagi hari setelah bangun atau sebelum tidur di malam hari. Micellar water yang saya gunakan tidak terpatok menggunakan produk tertentu. Yang penting alcohol 0%. Sejauh ini saya sudah pakai produk nivea, ovale, wardah, dan yang saat ini saya gunakan Ovale Micellar Cleansing Water Brightening. Kayaknya bakal sering pakai yang ini karena selain murce, ringan juga di kulit.



2. Face Wash & Toner Mineral Botanica Acne Care



Dua produk ini pernah saya ulas di sini [REVIEW] MINERAL BOTANICA ACNE CARE. Buat memutuskan komitmen sama 2 skincare ini saya lumayan perjalanan jauh. Hahahha. Mulai dari nyobain Nivea, sabun homemade, bahkan kelly si sabun wajah legendaris yang emak kita pasti tahu. Tapi dari semua yang saya coba itu akhirnya memutuskan menetap dengan produk MIneral Botanica ini. Alasannya banyak sih

- Karena produknya alami
- Ga bikin kulit saya kering
- Teksturnya mirip face wash Face Wash Tea Tree Love Nature dari Oriflame. Ga bikin keset kulit.
- Murah
- Aromanya bikin kangen

Kelemahannya cuma 1, susah dicari. Puji Tuhan selama ini beli di tokopedia selalu tersedia. Moga-moga selalu begitu.




3. Day & Night Cream Olay Natural White

Saya pernah pakai produk ini saat hamil dan waktu itu kulit saya mulus tanpa jerawat sama sekali. Pergi tanpa makeup pun saya pede aja. Setelah melahirkan saya berhenti pakai dan ganti dengan produk lain. Hasilnya tidak sememuaskan saat saya hamil waktu itu. Sekarang saya kembali memakainya dan Puji Tuhan saya puas dengan hasilnya. Warna kulit wajah merata, bekas jerawat juga banyak berkurang. Walaupun tidak semulus waktu hamil, minimal jerawat-jerawat radang itu tidak datang membabi buta.


LANGKAH SKINCARE
Langkah skincare yang saya jelaskan ini biasanya saya lakukan 2 x sehari, setelah bangun tidur dan sebelum tidur malam. Jika aktifitas diluar ruangan terlalu banyak, akan saya ulang sekali lagi di siang hari. Jadi, begini tahapannya.

1. Micellar water. Mau pakai makeup ataupun tidak sebelum mencuci muka, saya selalu membersihkan wajah dengan micellar water. Kalau tidak memakai makeup, biasanya saya cukup menggunakan 1 kapas. Kalau pakai makeup, bisa 2 atau lebih.

2. Face wash. Face wash dipakai setelah membersihkan wajah dengan micellar water. Cuci muka seperti biasa saja. Hanya saja bedanya dari kebiasaan saya yang lama, saya sekarang membilasnya harus sampai 10 kali. Bisa 10 gayung ya. Pokoknya sampai licinnya sabun hilang.


3. Toner. Setelah mencuci muka dan mengeringkannya, langsung lanjut deh menggunakan toner. Untuk toner ini saya pakai agak boros hehehhe. Yang pasti sampai kulit benar-benar terasa segar dan toner menyerap ke kulit.


4. Day/Night Cream. Setelah toner di wajah sudah meresap, baru saya aplikasikan krim siang atau malam. 

5. Scrub. Scrub wajah yang saya pakai ga pakai ribet sih. Yang ada di dapur saja. Garam. Hahahhaha. Pastikan dulu jerawat di wajah sudah pulih ya sebelum scrub. Biasanya saya memakai scrub garam cukup dengan setengah sendok teh lalu campur dengan face wash yang biasa saya pakai. Diaduk rata, lalu aplikasikan di wajah. Dipijat pelan-pelan. Untuk scrubbing ini saya hanya melakukannya 2 x dalam sebulan. Tergantung kalau ingat wekekekke. Makanya bekas jerawatnya agak lama hilang. 
Setelah pakai scrub lanjut  dengan tahap skincare biasa toner dll.


Perawatan wajah saya ini ga ada serum atau krim-krim lainnya. Saya juga jarang keluar rumah. Buat IRT seperti saya, langkah-langkah di atas bisa konsisten saya jalanin saja sudah Puji Tuhan ahahhaha.





Gimana dengan hasil dari rutintas saya ini?? Puji Tuhan bekas jerawat memudar. Kulit saya jauh terasa lebih sehat. Dulu dahi saya tambang minyak, tapi malah terlihat bersisik dan kering. Sekarang bedak dan makeup lebih bisa bertahan lama di kulit dan makin jarang liat gumpalan-gumpalan bedak atau foundation. Benar-benar jadi kanfas makeup yang bagus.

Kalau teman-teman yang mengalami masalah kulit wajah seperti saya, bisa coba rutinitas skincare saya ini dengan catatan, pakai produk yang memang cocok di kulit teman-teman. Produk-produk di atas,saya ga bisa jamin bisa cocok di semua orang karena kulit tiap orang berbeda.  Pastikan dulu teman-teman menggunakan produk yang tepat.

Semoga bisa membantu.


Jangan lupa subscribe blog ini ya buat dapet info postingan terbaru atau follow IG saya di @lasma_manullang




[ARTIKEL] GA SEMUA ORANG DILAHIRKAN UNTUK SUKSES

Kalau ukuran kita untuk sukses adalah punya uang banyak, menjadi terkenal, punya jabatan tinggi, disegani semua orang... Bayangkan kalau ...