Saturday, March 02, 2019

[Curhat] Keindahan Sebuah Proses



Sejak menekuni coret mencoret, gw sering nonton video proses-proses pembuatan karya seni. Bukan hanya lukisan tapi juga pembuatan karya seni kayu, kaca, keramik dll.




Dari semua video yang gw tonton ada efek positif yang mengubah cara berpikir gw yang tadinya cuma ada di depan otak aja (pemikiran) jadi di otak bagian belakang (keyakinan dan reflek).

Apaan tuh?? Bahwa segala sesuatu butuh proses.

 Iya sih dulu gw juga bisa mikir segala sesuatu butuh proses tapi masih suka ga sabaran, maunya instan, maunya cepet keliatan hasilnya. Tapi sejak nonton video-video karya seni itu, gw jadi lebih punya keyakinan bahwa setiap proses memberi keunikan dan fungsinya sendiri pada sebuah hasil. Jadi ya harus sabar. Harus tekun dan hati-hati. Eksekusinya bukan sekedar pemikiran tapi tindakan. 

Dalam proses mungkin bisa ada kerusakan, tapi jangan panik. Analisa kenapa rusak, bagian mana yang rusak, apa yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kerusakan?? Dan buat ngejawab pertanyaan terakhir gw perlu lebih banyak pengetahuan dan teknik supaya bisa memilih cara terbaik untuk memperbaiki (soal kemauan belajar lagi nih).

Dan satu hal lainnya, semakin rumit sebuah proses karya seni dibuat, semakin membuat karya itu terlihat WAAAAHHHH... Setiap goresan, setiap ukiran, bahkan yang terlihat 'cacat' memberi keunikan pada karya tersebut. 

Nikmati prosesnya, itu sih intinya. Apa pun itu. Soal hubungan, soal kerjaan, soal memperbaiki diri, dll. Karna saat kita menikmati sebuah proses, hati, tuh berasa penuh dan kenyang saat melihat hasilnya. 😊😊

Have a nice weekend.



Pic: https://pixabay.com/images/id-2940513/



Jangan lupa subscribe blog ini ya buat dapet info postingan terbaru atau follow IG saya di @lasma_manullang



1 comment:

  1. Ah iya setuju.
    Kadang kalau lagi belajar sesuatu, suka ter iri iri sama hasilnya dulu.
    Misal yang ono bagus banget,
    ko gue masih gini ya.

    Kalau ngeluh kayak gitu emang ga akan ada habisnya.

    Yang perlu di lakukan adalah terus berusaha, melewati proses.. supaya jadi lebih baik.

    THanks for sharing ^^

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir, jangan lupa tinggalkan komentarmu yaa. Saya juga akan mampir ke blogmu ;)

[ARTIKEL] Dia yang PHP atau Gw yang GeeRan??

Bess-Hamiti Haaahhh... Ayo streching dulu dan pemanasan sebelum mebahas topik ini. Topik ini bukan cuma untuk para wanita, tapi jug...