[Curhat] Keindahan Sebuah Proses



Sejak menekuni coret mencoret, gw sering nonton video proses-proses pembuatan karya seni. Bukan hanya lukisan tapi juga pembuatan karya seni kayu, kaca, keramik dll.




Dari semua video yang gw tonton ada efek positif yang mengubah cara berpikir gw yang tadinya cuma ada di depan otak aja (pemikiran) jadi di otak bagian belakang (keyakinan dan reflek).

Apaan tuh?? Bahwa segala sesuatu butuh proses.

 Iya sih dulu gw juga bisa mikir segala sesuatu butuh proses tapi masih suka ga sabaran, maunya instan, maunya cepet keliatan hasilnya. Tapi sejak nonton video-video karya seni itu, gw jadi lebih punya keyakinan bahwa setiap proses memberi keunikan dan fungsinya sendiri pada sebuah hasil. Jadi ya harus sabar. Harus tekun dan hati-hati. Eksekusinya bukan sekedar pemikiran tapi tindakan. 

Dalam proses mungkin bisa ada kerusakan, tapi jangan panik. Analisa kenapa rusak, bagian mana yang rusak, apa yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kerusakan?? Dan buat ngejawab pertanyaan terakhir gw perlu lebih banyak pengetahuan dan teknik supaya bisa memilih cara terbaik untuk memperbaiki (soal kemauan belajar lagi nih).

Dan satu hal lainnya, semakin rumit sebuah proses karya seni dibuat, semakin membuat karya itu terlihat WAAAAHHHH... Setiap goresan, setiap ukiran, bahkan yang terlihat 'cacat' memberi keunikan pada karya tersebut. 

Nikmati prosesnya, itu sih intinya. Apa pun itu. Soal hubungan, soal kerjaan, soal memperbaiki diri, dll. Karna saat kita menikmati sebuah proses, hati, tuh berasa penuh dan kenyang saat melihat hasilnya. 😊😊

Have a nice weekend.



Pic: https://pixabay.com/images/id-2940513/



Jangan lupa subscribe blog ini ya buat dapet info postingan terbaru atau follow IG saya di @lasma_manullang



1 Comments

  1. Ah iya setuju.
    Kadang kalau lagi belajar sesuatu, suka ter iri iri sama hasilnya dulu.
    Misal yang ono bagus banget,
    ko gue masih gini ya.

    Kalau ngeluh kayak gitu emang ga akan ada habisnya.

    Yang perlu di lakukan adalah terus berusaha, melewati proses.. supaya jadi lebih baik.

    THanks for sharing ^^

    BalasHapus


UNFAMILIAR LOVER Semua orang seolah-olah bersepakat tidak menceritakan apa yang sebenarnya terjadi pada Hira 1 tahun yang lalu. Ingatan tentang penyebab kecelakaan yang dialami Hira, seolah tersapu bersih dari kepalanya. KLIK GAMBAR untuk lanjut baca

FREE DOWNLOAD CHRISTIAN ILLUSTRATION Ilustrasi-ilustrasi ini bisa kamu download secara GRATIS. Kamu bisa pakai ilustrasi ini untuk pelayanan dan penggunaan personal. KLIK GAMBAR untuk bisa lihat ilustrasi lainnya.

KAPAL KAWAN Inilah kumpulan cerita tentang persahabatan. Kisah cinta tanpa asmara bagai saudara walau tak sedarah. KLIK GAMBAR untuk baca GRATIS