Monday, June 18, 2018

[Free Download] Flash Card Print 3 Bahasa




Hi Mami dan Bunda Gorgeous!!
Saya lagi berbetah ria di depan komputer membuat bahan belajar Gyan. Puji Tuhan, Gyan juga semangat waktu lihat bahan belajar yang saya buat. Jadi, saya mau berbagi lagi.


Ini flash card yang saya buat sendiri untuk membantu menambah perbendaharan kata Gi dalam 3 bahasa, Indonesia, Inggris dan Mandarin. Gi sudah punya modal di 3 bahasa itu, tapi buat bahasa sehari-hari Gi lebih paham pakai Bahasa Indonesia lalu bahasa Inggris. Bahasa Mandarin baru sedikit beberapa kata benda. Saya melanjutkan mengajarkan karena menurut saya sih sayang ya kalau hanya dibiarkan begitu saja karena Gi cepat belajarnya kalau bahasa asing.


Apakah saya memaksa Gi bisa semua bahasa ini? Tentu saja tidak. Kalau bahasa ibu sih tetap wajib ya, bahasa Indonesia wajib bisa. Bahasa asing ya mengikuti perkembangan usia dia. Ga perlu dipush. Namanya belajar ya harus menyenangkan. 



Buat bahasa Mandarin sebenarnya saya buta sekali dengan bahasa Mandarin, tapi karena di TK pun nanti ada pelajaran bahasa Mandarin, mau ga mau emaknya ikutan belajar. Wakakakakka. Saya juga ga mau potensi Gi mandek cuma gara-gara emak GA BISA dan MALES BELAJAR. Jadi, ya belajar sama-sama saja. Kalau akhirnya mentok, jika Tuhan berkenan, ya kasih les. Nanti kalau sudah gedean. Itu juga kalau dia mau huhuhuu.

Jadi, buat Mami dan Bunda yang mau mencoba memakai flash card ini untuk menambah perbendaharaan kata si bocah, silahkan download di sini.

Di flash card ini saya menggunakan gambar-gambar asli supaya anak-anak bisa melihat penampakan asli benda. Siapa tahu ada yang belum pernah melihat. Kecuali gambar rumah, saya memilih rumah sederhana karena tidak semua rumah besar. Di google kebanyakan gambar rumah, rumah-rumah mewah yang muncul. Hehehhe. Yang penting rumah ada atap dan jendela ya. Juga pintu.



Di beberapa kartu bordernya kelihatan lebih tebal. Ada kesalahan saat pengeditan dan saya terlalu malas untuk edit ulang. Hahahha. Harap maklum ya.

Untuk bahasa Mandarin, kalau Mami dan Bunda melihat ada kesalahan, saya menerima koreksinya yaaa. Demi kepentingan berbangsa dan bernegara huehehhee.



Semoga bisa jadi berkat ya Mami dan Bunda.



Jangan lupa subscribe blog ini ya buat dapet info postingan terbaru atau follow IG saya di @lasma_manullang

2 comments:

  1. Mam gmn cara main untuk flascard jenis ini krn biasanya pake metode bolak balik.trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayak biasa aja bun. Saya pakai ini buat perkenalan huruf. Jadi saya sebutkan nama benda sambil menekankan penyebutan huruf depannya.

      Misalnya:
      Saya: Ini apa?
      Anak: Pelangi
      Saya: Iya, P untuk - ppheeelangi. In English?
      Anak: Rainboww (kalau anak ga tahua bisa bantu disebutkan untuk perkenalan).

      Jadi fokus aja ke salah satu. Perkenalan huruf dan menambah kosakata dalam bahasa Indonesia atau belajr menambah kosakata dalam bahasa asing.

      Kalau anak sudah mulai hapal huruf abjad dalam bahasa Indonesia, kartu bisa di sebar di lantai dan minta anak mengambil kartu yang sesuai dengan yang ibu sebutkan.

      Misalnya "P" mana huruf P? Jangan sebutkan gambarnya, biarkan dia mencari sampai berhasil. Gpp salah2. Keslahan dia menemukan bisa membantu dia mengingat huruf yang benar. Ibu tinggal terus mengulang pertanyaan "Mana huruf P" sampai ia menemukan kartu yang benar.

      Gitu kira2. Kebayang ga ya bun?

      Delete

Terima kasih sudah mampir, jangan lupa tinggalkan komentarmu yaa. Saya juga akan mampir ke blogmu ;)

[ARTIKEL] GA SEMUA ORANG DILAHIRKAN UNTUK SUKSES

Kalau ukuran kita untuk sukses adalah punya uang banyak, menjadi terkenal, punya jabatan tinggi, disegani semua orang... Bayangkan kalau ...