Monday, December 31, 2012

Bola Mukjizat Yang Retak 4




Uhuiii...Kemarin akhrinya foto prewedding outdoor. Gratisan karena dibuat adik saya. Kali Tuhan kasih mukjizatnya bener-bener bikin ketar ketir deh.

Foto prewed ini sudah kita rencanakan dari sejak beberapa bulan lalu. Konsep dan ide sudah kita buat, perlengkapan dan properti juga sudah kami siapkan. Pokoknya sudah tinggal berangkat dan bawa diri. Kendaraan pun kita berpikir akan pinjam dari Papa. Tapi, siapa sangka ternyata sehari sebelum pemotretan, Papa malah bilang tidak mau pinjamkan dengan nada kesal (sebenarnya salah saya dan adik-adik juga). Saya sempat merasa sangat sakit karena kata-kata Papa. Rasanya kesal, luar biasa.

Sunday, December 30, 2012

Bye Bye 26 (2012) Welcome 27 (2013)

Sudah mau akhir tahun Pak, Bu!! Mari tutup kalender dan beramai-ramai membuat review dan evaluasi untuk Mr. 2012.

Tadi sudah baca kaleidoskopnya Anita dan resolusi blognya Amanda. Yah, saya mau menulis dua-duanya.

BTW BUS WAY..Rasanya kayak udah bertahun-tahun ga nulis. Liburan malah berasa mandek neh otak. Emang ya, liburan bisa bikin kita jadi bego kalau otak kita ga diajak aktif. Hahhahhahaha...Ayo tetap menulis dan membaca sekalipun lagi leha-leha.

Jadi, tahun ini saya masuk kelas apa ya???

Friday, December 21, 2012

Natal itu...


Bukan tentang Santa Claus dan hadiah-hadiahnya. Sebel kalo liat Santa Claus lebih populer dari kelahiran Tuhan Yesus. Akakakkaka..

Monday, December 10, 2012

Pieces Of Stories: Teman Lama

Pieces Of Stories: Teman Lama: “ Bukan, Pak. Ini rumah Pak Hardiman. Bukan rumah Pak Sanusi.” Aku melihat bangunan mewah tiga tingkat itu dengan ragu. Apa benar ...

Tangan Gatal

Hari ini sekolah sepi sekali euy. Bos dua-duanya ga ada. Anak-anak kelas 9-12 pada pergi retreat. Entah kenapa jadi berasa aneh. Ga betah. Kayak ada yang kurang. Tangan nganggur itu ga enak (ketauan ga bisa diem).

Nah, itu saya memang ga bisa diem. Bukan berarti cacing kepanasan, tapi karena ga bisa berpangku tangan. Ada rasa bangga (idung kembang kempis), tapi ada rasa frustasi juga. Saya jadi orang yang sulit untuk tenang. Terlalu banyak berpikir dan sulit meminta pertolongan dari orang lain. Yang di otak saya, saya bisa melakukannya sendiri. Tidak butuh orang lain…Ouchhhh…(Lasmaaa bertobatlaaahh!).

Friday, December 07, 2012

Class Meeting : Bangga Pada Kalian Cuyy!!

Hari ini program pertama OSIS angkatan 2012-2013 dilaksanakan. Arghhhh!!! Gilaaa!! Panic attack! Kenapa? Soalnya di sekolah ada misa juga. Waktu yang kita buat dari jauh-jauh hari harus diubah lagi pagi ini. Sempet sensi dengan sistem sekolah dan sebel sama birokrasi (ahahhahha..), tapi Tuhan tegor kalau saya ini teladan. Kalau saya taat tapi ngedumel, walau pun anak-anak OSIS ga liat, gimana pun akan mempengaruhi mereka.

Monday, December 03, 2012

Tuhan Bukan Cuma Di Otak

Sebenarnya pengen sharing tentang kotbah pendeta dari Malaysia ini dari beberapa minggu lalu. Cuma ketunda dan jadi lupa. Baru ingat sekarang lagi.

Jadi, 2 minggu lalu, ibadah Energy mendapat berkat 'hidangan' dari Malaysia. Bukan pendetanya yang dimakan, tapi firman yang luar biasa dan bikin mata meleeekkkk lebar.

Tidak akan saya ceritakan panjang lebar. Yang pasti intinya adalah tentang mengenal Tuhan dengan hati, bukan dengan pikiran saja.

Ape maksudnya, Bu? Maksudnya adalah ada saat dimana saya menemukan diri saya tahu Tuhan itu baik, tapi saya tidak tahu Tuhan baik dimananya? Tuhan itu dahsyat, tapi dahsyat dimananya? Tuhan itu tempat perlindungan.. Pas kapan ya??

Saturday, December 01, 2012

Bola Mukjizat Yang Retak 3




Guys! Guys! Saya mau cerita tentang hari ini! So happy! Tuhan kasih retakan kecil lagi di bola mukjizat  ...>.<...rasanya deg-degan deh.

Mukjizat pertama, akhirnya teman saya yang berhutang itu mengembalikan setengah pinjamannya kemarin. Malah dia bilang dia mau bantu pernikahan saya dan Aki. Mau nyumbang bantuin apa salah satu list yang kami butuhkan. Walaupun baru janji dan belum terjadi, saya sangat terharu dengan niat baiknya. Saya jadi bersemangat lagi dan bersyukur banget Tuhan tunjukkan kasih-Nya yang SUPER BIG n LARGE itu.

Nikah Megah, Hemat, atau Kikir??

Sebulan ini dan dari bulan lalu kocek saya terkurassssssssssss karena menabur di kotak angpao teman-teman yang menikah. Bukannya menggerutu dan bukan mau ngomongin masalah finansial, tapi mau membicarakan tentang resepsi pernikahan.

Siapa yang sudah hapal alur acara resepsi pernikahan?!!! Angkat kaki!!

Saya! Saya! (angkat tangan sambil loncat2).

Saking seringnya ke resepsi pernikahan saya dan Aki sampai hapal alur acara. Kayaknya bukan kami saja sih, tapi tamu-tamu lainnya juga. Kadang-kadang kami juga sudah ga penasaran sama wedding kiss, potong kue, atau mingle. Kami cuma penasaran sama rasa menu-menu pondokan. Udah bayar angpao bisa makan sepuasnya lumayan toh. Hehhehe...

Monday, November 26, 2012

Yesus Naik Ojek

Pada suatu hari, Yesus hendak pergi melawat suatu kota di Indonesia. Tidak seperti biasanya Yesus bepergian, kali ini Yesus mengatakan kepada malaikatnya bahwa Ia ingin mencoba naik ojek menuju kota itu. Yesus berkata kepada malaikatnya , Mikael ,“Mikael, hari ini saya ingin mencoba naik kendaraan darat menuju kota ini. Saya ingin mencoba kendaraan itu yang disebut Ojek oleh para manusia di Indonesia. Jaman saya dulu hanya ada keledai dan kuda, jadi saya ingin merasakan sendiri kendaraan baru ini.” . Mikael pun langsung mengiyakan kehendak sang Raja. ... Lanjut di sini yaaa




Saya Guru Atau Bukan??

Suatu hari seorang siswa bertanya pada saya, “ Memangnya Ms. Lasma waktu kuliah jurusannya apa?”


Sambil cengengesan saya jawab, “ Psikologi.”

“ Loh kok, jadi sekertaris? Saya kirain Ms lulusan D3 gitu.”

“ Yah, begitulah. Tapi psikologi juga berguna buat jadi pembina OSIS, tauuu..” saya ngeles.

Sebelum saya bekerja di sekolah ini dan sebelum saya mengambil jurusan Psikologi di kuliah saya, saya telah memutuskan untuk menjadi seorang guru Bimbingan & Konseling. Selama saya kuliah dan sebelum saya bekerja pun saya sudah gembar gembor pada teman-teman saya kalau saya ingin menjadi guru Bimbingan & Konseling daripada menjadi seorang psikolog klinis atau HRD.

Wednesday, November 21, 2012

HAL-HAL YANG MEMBUAT FRUSTASI

Beberapa hari ini saya merasa drop berat. Banyak hal yang membuat saya frustasi dan rasanya mau lari...Karena ga bisa lari, yang kena jadi psikosomatis. Badan drop. Kepala sakit, bahu sakit, kaki sakit. Bangun-bangun keleyengan.

Rasanya konflik batin. Terutama tentang persiapan LDK untuk anak-anak OSIS yang baru. Jadi guru itu ga gampang. Percayalah! Karena setiap hari kita harus menghadapi manusia yang punya keinginan sendiri dan sebagainya. Lebih nyaman berhadapan dengan data. Halah...Tapi ya kalau sudah panggilan, melihat anak-anak murid bisa belajar sesuatu itu lebih puas daripada hal apa pun. 

TAK AKAN AKU LETAKKAN KAU DI SUDUT HATIKU


Akan kuletakkan kau di sudut terindah di hatiku..

Pernah denger kalimat ini ga? Hehhehe..Sering ya? Akhir-akhir ini saya sedang memikirkan hubungan saya dengan Aki dan bertanya sama Tuhan,

“ Tuhan, Aki itu udah jadi berhala saya ga ya? Bagaimana Lasma meletakkan dia di hati Lasma? Apakah ruangan buat dia sudah lebih luas daripada ruang buat Tuhan?”

Sunday, November 18, 2012

Pieces Of Stories: Pahlawan

Ini projek novel saya di nanowrimo. Tadinya ga mau dipajang karena takut di copas orang, tapi yo wes lah. Ini cerita bukan punya saya pribadi. Baru awal-awal dari baru 8000-an. Kalah sama Anita yang ikutin projek yang sama dan sudah 19rbuan kata. Akakakka... Semoga bisa selesai yooo

 Pieces Of Stories: Pahlawan: Pahlawan:  1 - Berangkat Pahlawan:  2 - Sang Koki Pahlawan: 3 - Hilang.. Pahlawan 4: Kota Impian

Saturday, November 17, 2012

Orang Malas Tidak Dapat Apa-Apa.

Renungan singkat aja neh. Tiba-tiba terlintas di kepala...
Sering ga sih kita berkata pengen ini atau itu, tapi akhirnya apa yang kita ingin lakukan atau dapatkan tidak terjadi karena kita malas menghadapi resiko yang akan kita terima?? Banyaklah ya orang-orang seperti itu, salah satunya juga saya.

Tuesday, November 13, 2012

Typewriting: 30 Days Challenge(s)

Typewriting: 30 Days Challenge(s): Hai blogger! Dalam rangka meng-update blog saya, saya berencana mengikuti sebuah game blog (apaan sih namanya? sebut saja game blog ya *ma...

Thursday, November 08, 2012

Sakitnya Jadi Profesional

Saya baru saja memberikan kabar ga enak pada salah satu siswa. Dia salah satu siswa yang dekat dengan saya dan saya merasa mematahkan hati dia karena keputusan yang saya dan panitia pemilihan OSIS ambil.


Kenyataannya memang dalam organisasi kita ga bisa memakai perasaan. Sejak awal saya mengatakn bahwa hasil kerja dan komitmen anggota OSIS akan dievaluasi di akhir tahun dan penilaian tersebut yang menentukan apakah mereka akan diterima lagi atau tidak. Siswa saya ini setelah disimpulkan performanya kurang baik.

Rasanya ga enak dan sakit banget melihat dia menangis di depan saya. Seandainya boleh, saya ingin memaksakan dia masuk lagi ke OSIS, tapi peraturan adalah peraturan. Kesepakatan adalah kesepakatan. Suara saya bukan suara mutlak. Penilaian juga bukan berdasarkan penilaian saya seorang. Saya harus mengambil keputusan yang keras buat dia dan diri saya sendiri.

OMG. Ga suka banget sama perasaan kayak gini. Berat banget yang namanya belajar profesional dan tegas…T.T

I’m sorry, dear.

Saturday, November 03, 2012

Bukan Tentang Aku

Hidup ini bukan hanya sekedar tentang aku
Aku yang bermimpi dan mengharapkan hidup bahagia
Yang mengharapkan cinta dan cita

Hidup ini bukan hanya tentang diriku semata
Atau tentang kisah cintaku dengan dia
Atau tentang cita-citaku yang seolah mulia
Bukan pula hanya pandanganku yang terkadang buta

Friday, November 02, 2012

Dag Dig Dug Rasanya

Dag Dig Dug..
Rasanya kayak gitu kali ya. Seminggu ini agak stress mikirin kerjaan, terutama yang berhubungan dengan

Wednesday, October 31, 2012

Pikir Baik-Baik Sebelum Menegur

Hari ini bisa ketemu dua malaikat kecil kesayangan saya, hehhehe. Nathan dan Luna...sooo love them. Ya, tapi hari ini bukan mau sharing tentang mereka. Malahan mau sharing sesuatu yang agak berat.

Jadi, beberapa hari ini saya 'makan roti' yang agak keras. Seperti ditampar bolak balik. Setelah sekian lama tidak menyediakan waktu secara khusus buat baca firman, saya mulai bertobat dan memulainya lagi di minggu ini. Demi membulatkan tekad, saya beli deh satu buku renungan harian.

Ternyata eh ternyata buku renungan harian ini tidak seperti kebanyakan buku renungan. Selain sebenarnya buku itu buat bulan November, ternyata renungannya membahas per kitab dan renungan tersebut sedang membahas kitab Ayub.

Tuesday, October 30, 2012

Bola Mukjizat Yang Retak 2


Add caption



Mau kasih cerita mukjizat lain lagi. Kali ini retakan bola mukjizatnya semakin melebar. Hehhehe.
Jadi, hari Minggu kemarin saya dan Aki pergi ke Wedding Expo di daerah PRJ. Tadinya sudah ogah-ogahan pergi, tapi waktu teman komsel bilang di pameran bisa dapet harga jauh lebih murah, kita putuskan untuk berangkat.

Sebenarnya pameran itu diadakan selama tiga hari, tapi kami baru datang di hari terakhir. Tiket harga 10.000 buat tiga hari. Murahhhh bangeeettt… (maniak barang murah meriah).

Tadinya kita mau cari catering nasi kotak dan bridal, tapi pas liat kateringnya ternyata lebih fokus ke paket untuk prasmanan (kita mau sediain nasi kotak yang sedap saja untuk pemberkatan), kita jadi lebih fokus ke bridal dan apa saja yang bisa di- DP saat itu juga.

Monday, October 29, 2012

Lebih Baik Kuatir

Saya pernah nulis tentang NIKAH GA PUNYA UANG ITU IMAN dan itu memang bener ya. Kemarin akhirnya booking ini itu sama Aki. Tabungan yang seiprit itu amblassss dalam sekejap. Dalam hati langsung panik, cukup ga ya gaji kita buat nutupin utang-utang ini??

Sebenarnya saya mau pamer vendor-vendor apa saja yang sudah kita booking, tapi ga penting ya. Hahhaha. Soalnya kita aja ga tahu hasil kerjanya kayak apa. Baru booking doang.

Saya cuma mau cerita sesuatu yang ada dipikiran saya pagi ini. Entah kenapa kalimat ini terlintas di kepala saya.

Lebih baik saya banyak kuatir dari pada lebih banyak nyaman.

Monday, October 22, 2012

Happy B'day Papa!!


20 Oktober 2012, hari ultah Papa yang ke 55. Mama mengajak anak-anaknya membuat acara kejutan. Adik saya merencanakannya dan mengontak kakak dan adik saya yang paling kecil. Pokoknya seksi sibuknya deh dia.

Waktu adik saya mengungkapkan rencana ini saya sempat bergumul karena di sekolah sedang ada Open Day yang berarti saya harus datang ke sekolah. Sempat berpikir untuk bolos datang Open Day, tapi setelah dipertimbangkan tidak tepat juga. Tugas saya untuk membuat displayed board juga belum selesai sampai hari Jumat.

Akhirnya saya putuskan untuk tetap datang Open Day. Waktu Open Day saya kira akan selesai di jam 12, tapi ternyata masih ada tamu-tamu yang membutuhkan banyak informasi. Akhirnya mau tidak mau saya meminta ijin untuk pulang lebih dulu. Ga enak sih pulang di saat orang masih pada sibuk, tapi saya juga tidak mau terlambat ke acara ulang tahun Papa.


Tuesday, October 16, 2012

Bola Mukjizat Yang Retak



Kemarin saya membuat puisi yang judulnya BOLA MUKJIZAT. Sejujurnya kukatakan...halahhh..Saya benar-benar sedang mengharapkan sebuah mukjizat dari Tuhan. Mukjizat buat apaan ya?? Orang mati bangkit lagi? Orang sakit cantengan tiba-tiba sembua? Atau membuat indomie dari 1 mangkok tiba-tiba jadi satu kuali??...

Monday, October 15, 2012

Cahaya Hati




Aku melihat cahaya putih... 
Terang namun lembut dan hangat 
Ada dii tengah-tengah hati manusia

Cahaya yang tampak begitu terang
 Di hati bayi-bayi kecil yang baru lahir
Cahaya itu menunjukkan bahwa seseorang hidup. 

Tapi seiring berjalannya waktu..
Cahaya itu pelan-pelan memudar..
Terkadang tiba-tiba mati dan padam.
Seolah kegelapan menelannya...
Seolah kehidupan telah hilang...

Bola Mukjizat




Aku menunggu sebuah bola mukjizat pecah dalam genggamanku
Tapi entah kenapa
Aku tidak menggunakannya
Aku tidak mampu melihat ke dalamnya
Aku hanya melihat asap yang bergelung
Perlahan
Sangat pelan

Kutatap bola besar di depanku
Masalah yang besar
Hitam dan kelam
Seolah siap menggilingku dan melindasku hingga remuk redam

Hatiku  berkata
Mungkinkah?
Dapatkah?
Apa bisa?

Tuesday, October 09, 2012

Kita Tidak Bisa Memberi Apa yang Tidak Kita Punya

Bayangkan satu hari seorang teman menitipkan sebuah donat padamu dan dia harus pergi ke toilet untuk melakukan "hajat". Lalu kamu bertemu dengan temanmu yang lain yang terlihat sangat lelah dan lemas karena kelaparan. Dia melihat donat yang ada ditanganmu, dengan memohon ia meminta padamu. Apa kamu akan memberikannya??


Sepanjang hidup saya, Tuhan paling sering menempatkan saya di sekeliling orang yang sering berkata "saya tidak bisa apa-apa untuk melayani Tuhan". Berbagai firman Tuhan tentang visi dan talenta dikotbahkan yang terkadang malah membuat orang jadi tertuduh karena tidak punya visi dan talenta (bukan salah pendeta yang kotbah..namanya juga hidup) :p.


Yang jadi masalah sebenarnya mungkin orang-orang yang punya masalah ini (termasuk saya) berpikir kejauhan. Untuk melayani Tuhan dan punya visi harus tahu kemampuannya apa dulu. Harus bisa ini itu dulu. Tapi pada kenyataannya ternyata bukan bisa atau tidak tapi mau atau tidak.

Jika kita memikirkan untuk memberi apa yang tidak kita punya pada Tuhan, akhirnya kita tidak akan membrikan apa-apa. Mulailah dengan memberi dari apa yang kita punya. Waktu, uang, tenaga, telinga kita, mulut kita...lakukan hal-hal sederhana karena kasih kepada Tuhan dan sesama.

Kita tidak akan pernah tahu kapan hal kecil yang kita lakukan bisa mengubah hidup orang lain. Tidak akan pernah tahu, tapi selalu ada kemungkinan. Karena itu, lakukan apa pun itu dengan segenap hati. Berikan apa yang kita punya, bukan apa yang tidak kita punya.


PENGHARAPAN

Pengharapan dari Hati

Apakah Anda mempunyai ide yang tak terbayangkan, menakutkan, dan benar-benar ide yang luar biasa sehingga Anda tidak bisa tidur? Itulah yang terjadi dengan impian…terutama jika Allah ada di dalamnya. Semua impian itu tampak gila (memang gila!). jika dipadankan dengan segitigas logika, biaya, dan penentuan waktu, impian tidak pernah sama dan sebangun. Mereka tidak akan terbang jika Anda menguji mereka dengan gravitasi kenyataan. Dan bagian yang paling aneh dari semuanya : semakin mereka dibilang “tidak bisa”, semakin mereka menggetarkan kata “bisa”, “akan”, dan “harus”.


Apa yang ada di balik pencapaian besar? Tentu saja, orang-orang besar. Namun apa yang ada di dalam diri “orang-orang besar” itu yang membuat mereka berbeda? Tentu bukan usia, jenis kelamin, atau etnis, atau warisan, atau lingkungan mereka. Tidak, pastia ada sesuatu di dalam kepala mereka. Mereka adalah orang-orang yang berpikir berbeda. Orang-orang yang berbagai idenya terjalin menjadi pola yang penuh makna di baying-bayang impian, yang tersusun dengan benang-benang imajinasi dan kreativitas berwarna-warni, bahkan sentuhan fantasi.

Berilah ruang bagi impian Anda. Tetaplah siap menghadapi apa pun. Dan yang saya maksudkan memang apa pun! – The Quest for Character.






Pengharapan Menjaga Impian Kita Tetap Hidup

Apakah Anda mempunyai impian seumur hidup? Perjalanan petualangan yang ingin Anda ikuti..penemuan yang rindu Anda ciptakan..perusahaan yang diam-diam Anda bayangkan?

Apakah Anda bermimpi menulis artikel atau buku? Menulislah! Anda bertanya-tanya apakah semua pekerjaan mengurus anak-anak itu berharga? Tentu saja berharga. Teruslah mengerjakannya. Ingin kembali ke sekolah dan menyelesaikan gelar itu? Kembalilah dan lakukan niat itu…bayarlah harganya, bahkan meskipun diperlukan bertahun-tahun! Anda sedang mencoba menguasai suatu keahlian yang memerlukan waktu, kesabaran, dan tenaga (dan tentu saja uang)? Teruslah mencoba! Ingin terjun dalam bisnis sendiri? Mengapa tidak? Adalah sulit menemukan kepuasan sejati di tengah-tengah jenjang karier di perusahaan orang lain.

Tanpa impian dan tekad untuk memenuhi impian itu, kehidupan dengan cepat berkurang menjadi hitam yang suram dan putih yang pucat, menu makanan yang terlalu lunak untuk membuat orang dapat bangun dari tempat tidur di pagi hari. Kejarlah pencarian yang membakar api Anda. – Quest for Character


Copied From: The Strengths of Character by Charles R. Swindoll

Yang Pernah Terpikirkan

Kadang-kadang saat bangun di pagi hari, aku ingin melakukan sesuatu yang berbeda. Meninggalkan rutinitas dan mengejar hal-hal yang dapat membuat adrenalin mengalir deras..Hal yang menantang dan menghibur.

Yang terlintas dikepalaku...Traveling tanpa jasa travel. Pergi tanpa kendaraan selain bekal pakaian dan uang secukupnya di tas punggung..Lalu keliling Indonesia. Menjelajahi tempat-tempat yang belum pernah aku injak.

Bali?? Tidak... Yogya?? Juga tidak...
Aku ingin melihat hutan kalimantan atau Papua...Daerah pedalaman dan bagaimana suku-suku terbelakang hidup. Apa yang mereka percaya, apa yang mereka yakini...

Yah, tapi itu cuma sedikit mimpi yang menurut aku tidak masuk akal.. Mungkin ada yang lebih masuk akal. Misalnya, melakukan pertunjukan teater di tengah kerumunan. Seperti sebuah flash mob tapi dalam bentuk teater.

Ah, mungkin tidak mungkin juga. Bagaimana kalau melakukan hal lain. Melukis, menjahit, atau hanya bernyanyi riang. 

5 Things Before 30


Akhirnyaaa nulis something before 30...Hehhehe..Jaman kuliah saya bisa menulis banyak keinginan saya yang terlintas di kepala. Tapi sejak makin berumur keinginan saya mulai banyak yang tereliminasi. Jadi saya hanya akan menulis 5 hal yang benar-benar sedang dalam perencanaan saya untuk sampau usia 30 tahun.

1. Sudah Punya Keluarga Sendiri.

Yang ini mah memang sedang dalam perencanaan ya. Sedang dilaksanakan. Kadang ada kepikiran kemungkinan untuk batal dan akhirnya saya jadi selibat. Hahahhaha...(pikiran yang aneh). Dalam hati cuma percaya, single atau pun double.. Saya percaya kasih karunia Tuhan selalu sertai. Kasih yang Tuhan berikan pada saya bisa saya berikan pada orang lain walaupun saya tidak punya keluarga sendiri. Tapi kalau Tuhan percayakan saya untuk membentuk sebuah keluarga, saya mau belajar jadi ibu dan istri yang baik yang ada di Amsal 31. Malahan kepikiran untuk berhenti bekerja buat ngurus anak-anak dan bapaknya. Tapi itu baru jadi wacana..(kayak pejabat). Belum dibicarakan lagi dengan Aki :p.

Pembelajaran Tentang BerOrganisasi



Enam belas bulan bekerja sebagai seorang pembina OSIS dan sebagai seorang karyawan saya belajar banyak hal. Sekalipun sebelumnya saya pun telah banyak berkecimpung di bidang organisasi (ga banyak2 amat sih), ternyata masih banyak hal yang tidak saya tahu di bidang organisasi.
Selama mempersiapkan dan melaksanakan acara TMIS Cup 2012 kemarin saya melihat dan belajar dari kelebihan dan kekurangan tim kami. Belajar apa aja sih?

TMIS Cup 2012! LUAR BIASA!!


Setelah berbulan-bulan anak-anak OSIS mempersiapkan TMIS Cup, akhirnya acara ini terlaksana dengan sangat baiiikk..Walau ada beberapa hal yang harus kami perbaiki, tapi sejauh ini kami sangat puas dengan hasil yang kami capai. Mengingat inilah pertama kalinya anak-anak OSIS membuat acara ini tanpa bantuan EO, kecuali pada saat closing acara.

Untuk berbagi, inilah dokumentasi dari TMIS Cup 2012. Terima kasih atas doa dan dukungannya. Terutama anak-anak OSIS dan rekrut yang berlelah dan bersusah payah...Rocks!!!!


Persiapan sebelum hari H. Nyuci lapangan basket/tenis. Salut buat panitia yang sudah hadir dan mau berlelah-lelah bersama.

Friday, October 05, 2012

Hal-Hal Yang Sering Terlintas

Eh, lagi heboh nulis something before 30 yaa... Hehehhehe... Pengen ikut tantangannya, tapi tiba-tiba kepikiran pengen nulis yang lain. Beberapa hal yang akhir-akhir ini saya pikirkan...

1. Saya beberapa kali berpikir ingin seperti Mother Teresa yang punya tangan 'besar'. Menolong orang-orang dengan segenap hati dia. Pernah denger cerita kalau orang-orang yang Mother Teresa tolong itu kebanyakan meninggal, tapi Mother Teresa tetap mau menolong. Waktu itu ada orang bertanya
 " Mengapa?" dan Mother Teresa menjawab bahwa setidaknya orang-orang itu meninggal tidak dalam kesepiaan dan rasa tidak berharga. Setidaknya saat mereka meninggal mereka tahu mereka tidak sendiri dan mereka di kasihi.... T.T... mau nangis waktu baca cerita itu. Kebayang gimana Mother Teresa terus setia dengan pelayanannya dengan keyakinan kalau setiap hal kecil yang ia lakukan adalah seruan pada orang-orang yang menderita bahwa mereka dikasihi dan mereka tidak sendirian. Dan dia berhasil menyerukannya... 

Saturday, September 29, 2012

Flashmob Mall Puri



Kemaren malam, Puri Mall diguncang oleh puluhan bahkan ratusan anak muda yang bersatu hati ingin menyerukan identitas sekolah mereka dan acara besar yang akan diadakan setiap tahun (halahh)

Iyeee... Semalam siswa-siswa Tunas Muda mengadakan FlashMob di Mall Puri. Selama performance saya merinding melihat anak-anak yang begitu antusias menari bersama di tengah-tengah orang banyak. Dengan suara keras mereka menyerukan nama sekolah mereka dan tema TMIS Cup tahun ini. Sampai pengen nangis melihat mereka. They were awesomeee!!

Kok bisa sih pengen flashmob di mall?? Berawal dari kekhawatiran kami akan jumlah peserta yang tidak bertambah-tambah selama persiapan TMIS Cup 2012, Dea salah watu wakil ketua melemparkan ide untuk kami mengadakan flashmob di mall. Supaya acara kami lebih dikenal masyarakat luas. Ide itu disambut baik oleh principal kami. Saya sendiri awalnya pesimis dan tidak yakin ide itu bisa dilakukan, mengingat akses kita untuk perform di mall tidak banyak, tapi ide 'gila' ini tidak mungkin saya cut. Ide Dea itu positif dan patut dicoba, kalau pun akhirnya nanti ternyata tidak bisa, lain masalah.

Monday, September 24, 2012

Mood Booster

Ini ngeluh atau bukan ya?? Pengen banget bilang cape. Bukan cape hati, tapi bener-bener cape badan dan pikiran karena harus konsentrasi terus + kurang tidur (tidur normalnya 12 jam :p). Mood udah mulai drop…


Iye, cape buat persiapan TMIS Cup.Seminggu full pulang sore banget dan tiap hari naik turun tangga 4 lantai buat kerjain ini itu. Plus hari minggu kemarin jaga pameran di TA. Pergi pulang jalan kaki yang lumayan gempor.

Tuesday, September 18, 2012

Badai Beneran Berlalu.

WOWW!! Tuhan itu baeeeee bangett. Masalah yang saya alami akhirnya selesai. Sebenarnya tidak benar-benar selesai, tapi bisa dibilang tidak perlu khawatir lagi. Berasanya cuma peace. Peace. Peace. Peace.

Minggu kemaren itu benar-benar masalah berattt banget, tapi memang Tuhan ajarin buat saya tidak jadi pengecut. Tidak pengecut, tapi tetap tenang juga dan tidak agresif/terburu-buru menyelesaikan masalah. Kalau tidak sabaran menyelesaikan masalah kuping bisa pekak dan ga denger-dengeran sama Tuhan, akhirnya mungkin malah tambah kacau..Ga bisa tenang dan jadi bisa lupa berdoa karena terlalu fokus sama masalah.

 Masalah itu sendiri memang masih berdampak pada orang lain dan masih ada ketakutan akan mempengaruhi acara besar sekolah kami.Tapi balik lagi mau belajar. Bener-bener belajar percaya sama Tuhan. Belajar untuk lebih kritisa lagi dalam melihat situasi...Fiuhhh... badai benar-benar berlalu.

TMIS Cup masih terus berjalan...Kekhawatiran akan adanya masalah dan acara yang tidak lancar masih ada, tapi mau belajar percaya..percaya..percaya dan percaya....

Hugs Babe!! Peluk..Peluk..Peluk!! Ngegelendott.


Monday, September 17, 2012

Mupeng Jadi IB Student.

IB? Apaan tuh?? IB tuh International Baccalaureate. Salah satu bentuk kurikulum yang sekarang banyak diadopsi sekolah-sekolah berstandar internasional di Indonesia (selain dari Cambridge Curriculume). Lebih jelasnya bisa lihat di sini ajalah ya :p.

Kalau saya lanjutkan isi blog ini, harusnya IB bayar saya neh.Huehehhe...



Jujur, awal saya bekerja di sekolah ini agak skeptis dengan yang berbau-bau internasional (cinta Indonesia banget getooo)... Tapi makin saya mengenal kurikulum ini saya semakin jatuh cinta. Kenapa?? Karena cara belajar dan sekolah yang saya inginkan ada di sini semuaaaaaaaaaaa... T.T.

Going Crazy With TMIS Cup

Cari sponsor, ngawasin kerja anak-anak, meeting dengan sponsorship, masalah kepercayaan dengan parents, bikin jadwal promosi, siapin latihan flashmob.... Di sela-sela kesibukan itu mikirin kerjaan yang printilan-printilan juga...

Arghhh!!! I'm going crazy. Sempet ga bisa makan gara-gara khawatir masalah dengan parents. Iya, saya melakukan kesalahan karena tidak menginformasikan hal penting pada parents yang akan mensponsori kegiatan kami. Beberapa hal lain juga yang sangat jelas menunjukkan kelemahan saya dalam hal komunikasi. Baik keluar dengan sponsor atau pun ke dalam dengan para staff.

Wednesday, September 12, 2012

colorful of life: Keterikatan Emosi tanpa dasar

colorful of life: Keterikatan Emosi tanpa dasar: Tentang Keterikatan Emosi ini mungkin ada yang udah pernah baca yang ditulis sama ci Lia, ci Grace dan Ci Shinta. Gw juga udah pernah baca,...

Monday, September 10, 2012

Pra & Pasca Menstruasi - Kenali Tubuhmu

Pengen posting soal ini merasa agak memalukan, tapi tahu banget penjelasan soal hal ini akan sangat membantu para cewe-cewe. Terutama dalam mengatasi problem emosionalnya.

Sebenarnya saya sudah menyadarinya satu tahun ini. Perubahan-perubahan hormonal yang mempengaruhi emosi saya pada saat sebelum dan sesudah masa menstruasi. 




Rata-rata perempuan akan berkata di masa-masa Pra Menstruasinya emosinya meledak-ledak dan menjadi mudah marah. Saya sepertinya salah satu dari antara perempuan-perempuan itu, tapi saya baru menyadarinya waktu saya sudah jalan bareng Aki.

Semangatnya Anak Muda

Semangat anak muda...
Itulah yang akan selalu tertular saat kita bekerja di sekolah. Terutama saat kita berhadapan dengan remaja-remaja muda yang penuh dengan keantusiasan.

Saya baru saja selesai latihan menari dengan anak-anak OSIS dan beberapa siswa Tunas Muda yang mau ikut bergabung dalam pertunjukan kami. Luar biasa...Cuma bisa bilang itu. Kreativitas dan semangat terasa sekali mengalir dari anak-anak ini.

Entah kenapa saya seperti berkata pada diri sendiri, " Untuk inilah saya ingin bekerja di sekolah." Menolong anak-anak muda mencapai kemaksimalan diri mereka.

Sunday, September 09, 2012

My Short Story: Make Up Jomplang

Tanpa make up sebelum ke JiEXpo

Make up tanggal 8 September 2012, jadi pager ayu di nikahan Halim Meliya

Thursday, September 06, 2012

Jarang Terjadi


Tadi pas buka blog nongol angka ini. Langsung dicapture. Hahhahaha... isenk..

What a Busy Days!!

Huaaa…Rasanya pengen nyopot kepala. Menjelang acara besar yang diadakan OSIS, saya dan anak-anak OSIS jadi super sibuk. Saya rasanya bukan saya saja yang merasakan kepala penuh. Alvin dan kawan-kawan pun pasti begitu. Sebagai siswa tugas-tugas belajar mereka lumayan banyak juga.

Tuesday, September 04, 2012

Ragu-Ragu Sama Si Dia

Sudah punya calon PH yang ditunjukin sama Tuhan ternyata bukan berarti jalannya mulus-mulus saja. Beneran..serius..dan percayalah..(pasti percaya).

Tuhan sudah ingetin soal ini sebelum saya komitmen sama Aki dan beberapa bulan ini di uji lagi.

Berawal dari pemberesan sepele dan terlalu sensitif, saya kecewa dengan reaksi Aki atas pernyataan isi hati saya tentang kata-katanya. Sebenarnya kata-katanya benar, tapi saya tidak mengharapkan ia bereaksi seperti itu.Saya begitu terluka dengan reaksinya samapai saya merasa tidak yakin untuk menikah. Nahhh loohhh..

Friday, August 24, 2012

Jangan Menyerah Jika..

Saya baru saja mendapatkan komen seorang teman di salah satu blog saya tentang pergumulannya dengan dosa. Saya terenyuh dan mengerti betapa sesaknya saat kita ingin hidup benar di hadapan Tuhan, kita malah bikin dosa yang sama berulang-ulang...

Tapi teman, ini yang ingin saya katakan pada kita semua yang mengasihi Tuhan dengan hati tertusuk-tusuk karena begitu menginginkan Dia, tapi juga merasa tidak layak dan tidak mungkin menggapai Dia...

Lebaran Jadi Baby Sitter

Tidak terasa libur lebaran sudah akan berlalu (TIDAAAKK!!), tapi rasanya belum puas. Hehehhe.. Tapi ada hal lain yang membuat saya puas, ngurusin bocah-bocah kecil hampir seminggu ini.


Kenapa ini foto miring yaaa??


Nathan (3 th)  dan Luna (2 th), keponakan-keponakan saya sudah mulai lancar bicara. Apalagi Luna yang baweeelll dan hampir selalu bilang "NO" untuk semua hal yang ditawarkan pada dia. Nathan, abangnya lebih kalem. Kalau dibilang apa, langsung nurut. Lebih mudah di atur-lah bisa dibilang.

Sunday, August 19, 2012

Selamat Hari Raya Idul Fitri!!



Selamat Hari Raya Idul Fitri untuk sahabat-sahabatku yang muslim dan muslimahhh! Semoga berkat dan berkah terus berlimpah dalam hidup kalian. Sukacita Ramadahan juga selalu ada di setiap langkah hidupmu!

Blog Kena Review Jawaban.Com

Beberapa hari lalu, seperti biasa saya mampir ke Jawaban.com dan menemukan beberapa blog yang menarik. Menarikkk?? Ya, soalnya blognya saya kenal dan mendapat review dari Jawaban.Com.

Blog siapa aja tuh??
Blognya Ci Shinta yang ThanksGiving Thursday. Semangat banget waktu nemuin reviewnya walaupun saya sudah jarang upload ke ThanksGiving Thursday, tapi siapa tahu dari review ini makin banyak yang mau ikutan yaaa... Hehhehehe.

Yang ke dua blongnya Lindaaa!!! Hahhaha.. Ga nyangka blog dia sampai di review jugaaa.. Lebih semangat lagi waktu liat blog Linda di revieww!! Soalnya yang aku lihat blog Linda memang blog dia apa adanya. Maksud saya, blog itu bener-bener curahan isi hatinya. Mau liat reviewnya?? Ada di SINI. Sedangkan link blognya Linda bisa lihat di SINI.

Huehhehe..Penasaran, kira-kira blog siapa lagi yang bakal kena review. Dhieta? Anita? Mega?? Fafa? Siapa ya? Siapa ya? :D

Saturday, August 18, 2012

Sori Buat Bombardir Postingannya :D

Guys, sori kalau ngejunk dengan postingan-postingan saya yang super banyak. Hehehhe..Saya memindahkan postingan yang ada di blog saya yang satu lagi -Celoteh Pelayan Tuhan- dan menghapusnya.

Kenapa di hapus?? Karena saya lebih setia pada blog yang ini. Jadi, daripada sia-sia itu blog, saya hapus saja. Fokus ke satu blog.

Seperti kata firman Tuhan

Seorang hamba tidak dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian ia akan membenci yangseorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkanyang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon. Lukas 16:13

Hahahha maksa banget, tapi gpp lah yaaaa.. :D

PRIA SEJATI ITU SEPERTI APA??


Hari ini salah satu dari adik menjawab pertanyaan yang saya berikan lewat jurnal mereka sebagai feedback dari jurnal mingguan mereka. Pertanyaan yang waktu itu saya berikan adaah apakah arti dari pria sejati?. Dia menjawab, pria sejati harus berani dan bijaksana.

I'm so proud with his answer. yang saya percaya, jawaban itu adalah jawaban dari hasil keyakinannya dan pasti akan mempengaruhi hidupnya. Saya berdoa untuk adik yang telah menjawab pertanyaan ini dan juga adik-adik lainnya, terutama yang pria, supaya mereka menjadi pria-pria sejati. Yang memimpin negara dengan gagah berani tapi tetap dengan hati yang lembut.

Menjadi Pendidik Yang Mencerahkan



Oleh : Ubaydillah, AN
Jakarta, 10 Juni 2010

Mengetahui definsi pendidikan mungkin cukup kita ketahui sekali atau sekali-sekali. Tetapi, menyadari peranan kita sebagai pendidik, butuh kita perbarui setiap kali. Sebab, jika tidak, segera posisi kita bergeser, dari pencipta dalam proses pendidikan menjadi sekedar alat. Ini karena jiwa kita akan sulit mengembangkan proses-proses kreatif atau reflektif dengan hanya mengetahui saja, menjalani saja, atau mengetahui dan menjalani saja. Jiwa kita butuh digunakan untuk menyadari. Kesadaranlah yang mengubah tindakan. Mirip seperti ibadah, katakanlah sholat atau puasa. Mestinya, setiap kali mau melakukannya, butuh kesadaran baru. Sebab kalau tidak, jiwa dan raga kita hanya akan menjadi buruh kewajiban, bukan menjadi kreator proses pencerahan. Karena itu, orang shalat pun masih dibilang celaka bila jiwanya alpa.

Properti Drama HandMade!!

Semaleman bikin properti buat drama Natal tanggal 24 nanti. Baju sudah ada beberapa yang jadi, tapi banyak juga yang belum (si Mas Gondrong ga tepat waktu =.=). Karena mikirin takutnya waktu ga cukup, pulang komsel langsung kerjain apa yang bisa dikerjain. Pertama ikat pinggang Herodes.

Ikat pinggangnya itu bahan plastik, dapet beli dari Pasar Pagi (Ema yang cari). Batu manik-maniknya juga. Besarnya ikat pinggan tadinya dua kali yang ada di gambar. Digunting, bagi dua, lalu ditempelin manik-maniknya. Untuk bisa dipasang, bagian ban pinggang itu saya jaitkan "srak srek", apa itu namanya ya...yang kalau di buka tutup bunyinya seperti itu..hehehhe. Dipasang agak manjang supaya bisa disesuaikan dengan ukuran pinggang para pemain. Jadi deh ikat pinggangnya.

Ramah, Bukan Rajin Menjamah yaa..


Ramah...
Sudah sering dengar kata ini dong. Atau memang makanan sehari-hari? Setiap ke kanan atau ke kiri, orang akan bilang kita orang yang ramah. Bangga ga sih dibilang ramah sama semua orang?? Bangga donggg!!

Tapi ternyata oh ternyata, menjadi ramah itu bisa sulit buat beberapa orang. Apalagi kalau harus ramah pada supir angkot yang ngetem berjam-jam, atau ngebut sembarangan (dendam kesumat sama sopir angkot, dendam tapi butuh)..

Yang pasti ramah itu tidak semudah yang kita bayangkan. Kalau untuk orang-orang sanguin mungkin bertindak ramah adalah hal yang mudah, tapi ternyataaa tidak gampang juga. Orang sanguin bisa ramah pada siapa saja, tapi belum tentu pada orang-orang yang mereka sebel banget.



Ramah yang bener itu ramah yang kayak gimana??


Titus 3 : 2
Janganlah mereka memfitnah, janganlah mereka bertengkar, hendaklah mereka selalu ramah dan bersikap lemah lembut terhadap semua orang.


Ramah pada semua orangg booo!! Tidak ada kecualinya. Mau waitress kagak ada senyum-senyum acan, mau supir angkot ngoper sembarangan, atau kasir kerjanya lelet...Kita tetap harus ramah pada orang-orang tersebut...

Sadar Tuhan Mengikuti Kita Kemana-Mana



Ujilah dirimu sendiri, apakah kamu tetap tegak di dalam iman. Selidikilah dirimu! Apakah kamu tidak yakin akan dirimu, bahwa Kristus Yesus ada di dalam diri kamu? Sebab jika tidak demikian, kamu tidak tahan uji. 2 Korintus 13:5

Seorang teman mengirimkan ayat ini tadi dan saya membacanya dengan seksama. Entah kenapa tiba-tiba saya mendapat pengertian baru. Di saat saya baru saja berdebat dengan seorang blogger mengenai ajaran gereja.

Orang yang tidak mengerti kekristenan sejati pasti menganggap kristen itu cabul. Kenapa?? Karena di dunia barat sana gereja menghalalkan pernikahan homo, tidak melarang orang kumpul kebo dan freesex. Bahkan saya menuliskan hal ini dengan hati yang miris. Dan mereka mengatakan demikian dengan dalih karena orang Kristen dosanya ditebus. Jadi buat dosa berkali-kali juga tidak apa-apa.



Kita yang mengetri kebenaran sudah pasti tahu kalau semua pernyataan itu hanyalah pernyataan dari orang-orang yang tidak benar-benar mengerti arti Kekristenan. Tapi tentu saja bukan itu yang akan saya bahas tetapi tentang berbuat dosa berkali-kali.

Jujur punya jujur, saya adalah salah satu orang Kristen yang sering jatuh bangun dalam dosa. Apalagi dulu, saat saya masih terikat dosa wanita.

Sakit Tapi Tidak Sakit


Pernah tidak mengalami sakit, misalnya, pusing, lemah, lesu, tapi saat diperiksakan ke dokter ternyata kita tidak apa-apa. Nah, dalam ilmu kedokteran dan psikologi, sakit yang seperti itu disebut psikosomatis. Psiko berarti pikiran dan soma berarti tubuh. Jika disatukan artinya menjadi penyakit yang timbul dari pikiran.

Bagaimana psikosomatis bisa terjadi?? Pertama yang perlu kita mengerti psikosomatis terjadi karena ada hubungan timbal balik antara pikiran dengan tubuh. Saat kita melakukan hal yang kita sukai, hormon-hormon yang menyenangkan akan dihasilkan dan membuat tubuh akan bereaksi positif dan sehat, sedangkan pada saat kita melakukan atau menghadapi hal-hal yang tidak kita sukai tubuh akan menghasilkan hormon-hormon yang mengakibatkan sistem tubuh menjadi tegang, waspada, dan tubuh kita terasa tidak nyaman.

Begitu pula sebaliknya, saat tubuh kita tidak sehat, kondisi mental kita akan terpengaruh,  biar begitu kita bisa memberikan respon yang lebih positif agar kita tidak semakin stress. Jika kita stress karena penyakit, maka tubuh akan bereaksi lebih negatif lagi.

IMAN yang TIDAK SERADAK SERUDUK



(3)
 Karena kuasa ilahi-Nya telah menganugerahkan kepada kita segala sesuatu yang berguna untuk hidup yang saleh oleh pengenalan kita akan Dia, yang telah memanggil kita oleh kuasa-Nya yang mulia dan ajaib.

(4) Dengan jalan itu Ia telah menganugerahkan kepada kita janji-janji yang berharga dan yang sangat besar, supaya olehnya kamu boleh mengambil bagian dalam kodrat ilahi, dan luput dari hawa nafsu duniawi yang membinasakan dunia.

(5) Justru karena itu kamu harus dengan sungguh-sungguh berusaha untuk menambahkan kepada imanmu kebajikan, dan kepada kebajikan pengetahuan

(6) dan kepada pengetahuan penguasaan diri, kepada penguasaan diri ketekunan, dan kepada ketekunan kesalehan

(7) dan kepada kesalehan kasih akan saudara-saudara, dan kepada kasih akan saudara-saudara kasih akan semua orang.


2 Petrus 1 : 3-7
Pertama kali menerima ayat ini saya sempat terdiam dan ternganga. Saya menyadari satu hal, iman Kekristenan tidak sesimpel yang saya kira. Ternyata tidak mudah menyatakan iman kita, apa lagi dengan cara seradak seruduk.

Saya pernah menuliskan tentang iman saya pada Tuhan di salah satu postingan saya di tentang Cinta Yang Lebih Dalam kepada Tuhan. Di situ saya menuliskan tentang bagaimana saya merasakan Tuhan inginkan cinta yang dewasa dan bukan sekedar membara.

Saya Sebagai ...Apa SAja.. Di PESRAN

Murid Yesus yang ga kalah ganteng dengan yang lain


Frozen woman


Tante Potifar


Murid Yesus yang lain...


Paling Kanan jadi Michael Jacky

                               


Intinya, untuk pelayanan di PESRAN harus berani malu. Harus berani memerankan apa saja. Hehehhe..dan pelayanan ini adalah pelayanan paling menantang. Selain saya bisa maksimal di sini, orang-orangnya yang gokil juga sangat menghibur..Penuh imajinasi yang diluar batas manusia.. hueee...

Properti Drama HandMade Part 2 (Golok Pembunuh Naga)


Yang kali ini saya mau menunjukkan cara membuat pedang-pedangan untuk properti drama. Mungkin tidak sebagus kalau kita beli, tapi siapa tahu ada yang urgent butuh dan untuk mencari tidak tahu harus dimana.

Enaknya membuat properti drama sendiri, kita bisa membuatnya sesuai dengan kebutuhan. Saya sendiri masih perlu banyak belajar, terutama cara mengaplikasikan bahan atau memilih bahan yang tepat (jadi pengen banyak belajar tentang barang-barang kerajinan ).

Nah, ini proses membuatnya. Buat anak desain mungkin akan jadi lebih bagus, tapi karena ini yang buat cuma anak desain otodidak (Hahhaha..) hasilnya juga tidak seberapa. Tinggal dimodif sesuai keinginan dan kebutuhan deh.

Jadi, begini caranya..

Siapin bahan-bahan yang dibutuhkan, seperti papan plastik impraboard (Thank you buat Ferry yang udah kasih tau namanya :D), pilok warna emas, silver dan pearlsilver, lem plastik, cutter, gunting, kertas, pensil, kain emas/coklat/hitam dan lem kertas.

Prosesnya seperti ini.

Siapin perlengkapan dan bahan.




Cari contoh dulu di internet

If Jesus Never Born


IF JESUS NEVER BORN
Direct & Script by: Raymond Budyanto
Costume: Ema Purnomo & Lasma Frida



Tanggal 24 Desemmber 2011 kemarin, tim PESRAN pelayanan kembali untuk perayaan Natal di dua ibadah di Belleza. Tema yang diberikan adalah IF JESUS NEVER BORN.

Beberapa bulan lalu kami sudah memikirkan ingin membuat cerita seperti apa, maka jadilah cerita ini.



Andri dan Benny adalah dua pelayan Tuhan yang bekerja keras memberikan yang terbaik untuk jemaat. Sayangnya gape antara dua generasi ini membuat mereka sering berselisih paham. Andri adalah orang baru di Gereja yang memiliki pandangan modern tentang mengembangkan gereja. Banyak ide-ide kreatif yang ia berikan untuk membuat jemaat lebih berkembang. Sayangnya, apa yang dilakukan Andri tidak sesuai dengan prinsip Benny. Benny adalah salah satu pendiri gereja dan berjuang susah payah supaya Gereja berkembang. Ia sangat memegang nilai-nilai yang ditanamkan di dalam jemaat sampai tidak mau memasukan unsur-unsur yang sesuai perkembangan jaman, yang membuat orang banyak menilai ia kuno dan kolot.

Who Will Fight For You??





Real Steel...tau judul film ini? Sudah pasti tahu. Film yang dibintangi oleh Hugh Jakcman  dan bintanng cilik Dakota Goyo ini menceritakan tentang aksi robot-robot besar yang bertanding tinju layaknya manusia. Tapi tentu saja saya tidak akan membahas tentang robot-robot tersebut, tetapi tentang dua tokoh penting dalam cerita, Charlie Kenton (Jackman) dan Max (Goyo).

Charlie Kenton, seorang petarung rombot yang dulunya seorang petinju, memiliki karakter yang seenaknya, hidup semerawutan. Hidupnya berubah saat pengadilan memintanya datang untuk membahas tentang hak asuh anaknya Max. Karena ibunya meninggal, Max harus diberikan pada Charlie, ayahnya. Tapi tentu saja Charlie tidak mau karena akan sangat merepotkan, sementara itu bibi Max alias kakak dari ibunya ingin Max tinggal bersamanya.

Sampai akhirnya Charlie dan suami dari bibi Max membuat kesepakatan. Charlie akan memberikan Max pada mereka jika mereka memberi sejumlah uang dan suami dari bibi Max setuju. 

Max mendapatkan kesempatan untuk tinggal bersama Charlie selama sekitar 2 minggu dan selama 2 minggu tersebut Charlie dan Max mengalami berbagai petualangan lewat pertandinngan demi pertandingan bersama robot rongsokan mereka Atom.

Dan suatu hari mereka harus menghadapi masalah dan Charlie menyadari kalau dunia pertinjuan robot terlalu berbahaya untuk Max. Kehidupannya yang berantakan tidak akan memberikan hal terbaik untuk perkembangan MAx. Akhirnya Charlie memutuskan untuk memberikan Max kepada keluarga bibinya.
Max sangat marah karena Charlie sama sekali tidak mau mencoba memperjuangkan dirinya. Charlie terlihat seperti pecundang.

Menyerahkan Max ternyata tidak membuat Charlie merasa lebih baik. Charlie menyayangi Max dan menginginkan anak tersebut. Melihat Charlie yang tampak gelisah sejak kepergiaan Max, mengajaknya bicara dan mendukungnya agar mengambil Max lagi.

Di akhir cerita, Max dan Charlie kembali menikmati kemenangan mereka bersama Atom.


Jadi, apa makna dari film itu??
Ada satu kalimat yang sangat menggugah saya saat menonton film tersebut.

"I just want you to fight for me Dad!"

Saya cukup terenyuh saat Max mengeluarkan kalimat tersebut. Ia seperti memohon pada ayahnya agar ayahnya berjuang untuknya. Berjuang agar ia bisa tetap bersama dengan ayahnya, tapi akhirnya Max memandang ayahnya terlalu pengecut untuk berjuang mempertahankan dirinya.

Waktu mengingat kalimat itu, tiba-tiba tersirat dalam pikiran saya, " Who does want to fight for me?"...Siapa yang akan benar-benar berjuang hanya karena menginginkan saya? Siapa sih yang tidak diinginkan? Kalau kita merasakan tidak ada orang lagi yang menginginkan kita, pasti rasanya mau mati saja. Tertolak jungkir balik.

Saya bertanya seperti itu dan saya teringat orang tua saya, keluarga saya, saya teringat Aki, sahabat-sahabat ...Ya, mereka orang-orang yang menginginkan saya ada di sisi mereka dan mereka fight untuk hal yang terbaik buat saya..Tapi saya belum pernah benar-benar merasakan seorang pribadi mau berjuang sampai mengatakan " Kalau perlu saya mati buat dia!"...Tidak..

Sering tidak kita berpikir seperti itu? Atau mungkin pernah?? Berharap ada orang-orang yang mungkin menerobos kerumunan singa hanya untuk dapat menyelamatkan kita. Berkorban nyawa untuk kita. Menunjukkan betapa mereka menginginkan kita dalam hidup mereka.

Jesus did for us. Sejak semula Ia menginginkan kita. Setiap rencana yang Ia buat hanya karena Ia menginginkan kita. Tidak ada yang lebih memandang berharga diri kita selain Tuhan. Dia memberikan korban penebusan, Dia memberikan kehidupan yang kekal, Dia menjanjikan Kerajaan Allah...Semuanya hanya agar kita bisa bersama-sama dengan Dia.

Saya belum pernah menemukan satu pribadi pun di dunia ini yang mau turun dari tahtanya, menjadi orang miskin, memberikan dirinya jadi korban penyaliban...Dia tahu semua itu akan menyakitkan. Siapa yang tidak merasa sakit jika dihina? Siapa yang tidak mersa sakit jika diperlakukan tidak adil? Siapa yang tidak merasa sakit kalau harus dipisahkan dari pribadi yang paling dicintai?

Tapi Tuhan melakukannya...Mungkin kalau dia manusia biasa, kita akan bilang " Lo, tolol atau bego? Nekad banget sih??!! Buat apa manusia-manusia itu?!! Mengkhianati lo berkali-kali. Ciihhh..Lebih baik musnahkan saja mereka!"

Apakah cuma sampai di situ?? Tidak, Dia terus berjuang buat kita. Di kehidupan sehari-hari kita. Saat kita melakukan dosa, Dia tetap menginginkan kita. Di saat kita tidak mengacuhkan Dia, Dia tetap berjuang menanti kita. Dia tidak menyerah dengan kebodohan-kebodohan yang kita lakukan. Dia tidak menyerah untuk mengajar kita lewat masalah, teguran dan berbagai macam hal yang bisa Ia pakai untuk menegur kita. Kalau kita tidak mengerti apa yang menjadi mauNya (yaitu hal terbaik buat kita), pasti kita kena masalah terus, sampai kita mengerti apa yang ingin Tuhan ajarkan.
But He still fight for us, yesterday, today, tomorow and forever....He always looks at to you..Into your eyes...And everyday He always says "I will fight for you"

Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. 
Yohanes 3: 16





1 Tawarikh 14:11


Allah telah menerobos musuhku dengan perantaraanku seperti air menerobos



Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 68; Markus 12; Bilangan 19-20

Setiap orang selalu menginginkan keberhasilan dalam hidupnya, Dan, kunci untuk menggapai keberhasilan, misalnya dengan belajar tekun serta bekerja keras. Itu sajakah? Mari melihat pengalaman Daud dan mengamati apa yang menjadi kunci keberhasilannya.Baca renungan ini lebih lanjut di SINI



Raja Daud selalu bertanya pada Tuhan...Bertanya pada Tuhan bukan hanya tanda penundukan dirinya, tapi juga sebagai tanda cintanya pada Tuhan. 

GEREJA SEBAGAI PANGGUNG HIBURAN




Ayat bacaan: 2 Timotius 2:3-4
=======================
"Karena akan datang waktunya, orang tidak dapat lagi menerima ajaran sehat, tetapi mereka akan mengumpulkan guru-guru menurut kehendaknya untuk memuaskan keinginan telinganya. Mereka akan memalingkan telinganya dari kebenaran dan membukanya bagi dongeng."


Seorang Pendeta pernah bercerita bawa ada beberapa gereja yang mewanti-wanti terlebih dahulu agar kotbah yang dibawakan jangan sampai terdengar menyindir atau memakai topik teguran Tuhan yang keras. "Yang berkat-berkat sajalah..dan jangan lupa pakai banyak humor, supaya jemaat tidak mengantuk." kata salah satunya kepada si bapak Pendeta ini. Ia pun geleng-geleng kepala karena di gereja-gereja seperti ini, ibadah Minggu bukan lagi momen dimana kita bisa mendengar pesan Tuhan lewat hambaNya, tetapi sudah berubah menjadi sebuah panggung hiburan yang hanya ditujukan untuk memuaskan "penonton", terutama memuaskan telinga mereka.

Mau tau lanjutan artikel ini?? BUKA DI SINI

EMPATI untuk jadi LAKON CERITA




Cerita punya cerita kesulitan seorang aktor aktris, pemain film atau pun teater, selain menghapalkan naskah adalah menghayati peran dengan dalam dan kuat.

Yup, keberhasilan seorang aktris diukur dari seberapa kuat kesan yang diberikan dari peran yang mereka mainkan. Entahkah itu peran kecil atau peran besar.

Yang jadi masalah, bagaimana kita bisa memberikan peran yang kuat jika kita sendiri tidak mengerti bagaimana mengkhayati peran si tokoh dalam cerita. Itulah kenapa latar belakang si tokoh dalam naskah perlu digambarkan juga untuk mengerti situasi yang dihadapi si tokoh dan karakter yang menentukan bagaimana si tokoh bereaksi terhadap situasi-situasi dalam hidupnya.

Apakah Saya Orang Kristen Saat Saya Sendirian?



Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya. 1 Petrus 5:8





" Selama liburan tetap jaga hubungan ya. Berjaga-jaga dalam doa karena biasanya kita banyak jatuh saat liburan."
Kalimat itu yang sering dilontarkan PKS saya Ka Cilla dan Ka Stevie setiap kali dulu saya dan teman-teman komsel akan liburan semester. Ya, sebagian besar dari anggota komsel saya waktu saya masih mahasiswa adalah perantauan. Kami akan pulang ke kampung halaman masing-masing saat kami libur panjang.

Sebagai anak-anak Tuhan yang lahir baru di Jakarta, tentunya di daerah kami kesulitan memiliki komunitas yang benar dan inilah yang dimaksud Ka Stevie. Saat kita jauh dari komunitas akankah kita menjadi anak-anak Tuhan yang taat, yang sate setiap hari, yang berdoa setiap hari dan bertindak benar setiap hari?

Dalam Diri Kita Pun Ada Si Tokoh


Baru saja pulang dari latihan P-SRAN...Mengamati teman-teman yang mendapatkan peran penting saya gatal ingin memberikan saran pada mereka. Setelah memberikan saran saya masih berpikir apakah yang saya sampaikan telah menyamakan persepsi kami tentang peran yang ia lakoni??

Waktu itu saya menuliskan Empati menjadi kunci seorang aktor untuk dapat memerankan suatu tokoh dengan kuat, tapi sejak dari tadi saya berpikir dan menemukan bahwa empati itu tidak semua orang bisa melakukannya secara otomatis. Empati biasanya muncul karena adanya kesamaan perasaan, pikiran, dan pandangan.

Thursday, August 16, 2012

Wanita-Mu Inginkan



Tuhan aku wanita-Mu
Menginginkan begitu banyak hal dalam hidupku
Wajah yang cantik
Tubuh yang elok
Rambut yang indah

Sampai saat ini..
Saat aku telah mengenal-Mu
Aku masih menginginkannya


Tapi seperti kata-Mu, Tuhan
Semua itu sia-sia…


Karena itu…
Aku mengubah doaku Tuhan..


Aku wanita-Mu, Tuhan
Masih menginginkan banyak hal..

Wednesday, August 15, 2012

Tenanglah Supaya Kamu Ber- D-O-A

Kemarin saya chat dengan salah satu sahabat saya yang di luar kota. Awalnya saya cerita tentang rencana merit saya sama Aki bakal seperti apa. Ujungnya jadi curhatan soal duiiittt..duiiittt...duiiittt...

Berkali-kali dia bilang buat saya tenang supaya bisa berdoa. Sempet ga teriam dibilang begitu karena saya tidak merasa sedang grasak grusuk, istilahnya seperti tidak dimasuk akal saya. Saya bertanya maksudnya tenang apa? Karena sebenarnya saya memang tidak terlalu khawatir.

Tadinya mau protes lagi dan bertanya lagi, tapi Tuhan ingetin kalau beberapa hari ini kalimat ini terngiang-ngiang di kepala saya.

" Be still and know that I am God."

NGais-Ngais Album Lama

Gara-gara liat karyanya Anita di Devianarts


Asli bikinan Anita, namanya Judith. Haiyaa... Nit, permisi pasang di sini ya :D


dan pengen comment, jadi bikin account dan upload beberapa foto. Terus cari di facebook dan nemu foto-foto ini.

Tuesday, August 14, 2012

Memuntahkan Kekhawatiran. Hoeeeee...


Beberapa minggu ini hati dan pikiran saya banyak di aduk-aduk. Rasanya capeee bangettt... Kadang-kadang kalau nemu orang ngomong apa yang ga empati bawaannya jadi pengen marah. Kayak hari ini, bawaannya badan udah ngedrop aja. Ngantuk berat dan muka nekuk-nekuk sambil terus berusaha senyum sama teman-teman kerja (kasian kalau mereka kena cipratan mood pagi saya yang jelek).

Mau cerita ke orang, udah bingung mau cerita kayak apa. Terlalu penuh di kepala dan rasanya bahu dan punggung ini mau remuk. Jadi, saya list saja sampah-sampah ini di sini. Sambil kita sama-sama belajar berserah sama Babe.

Monday, August 13, 2012

PiSank Go Blog!!: It Takes More Than Just Courage

PiSank Go Blog!!: It Takes More Than Just Courage: Kemaren ini, dapet satu film yang super bagus untuk ditonton dari Alimin, "Courageous" (2011), yang menceritakan tentang betapa pentingnya...

Saturday, August 11, 2012

fountain of joy: pelajaran dalam mendoakan kepentingan seseorang......

fountain of joy: pelajaran dalam mendoakan kepentingan seseorang......: Terinspirasi dari pengajaran DP, temanya soal lain tapi ada bahas tentang doa : Jadi dulu itu diPL, Tuhan nyuruh supaya para imam ngucapin...

Ucapkan 4 Permintaaan!! Hohoho...

Enaknya hari ini malas-malasan di kosan. Abis Sate langsung OL dan nulis komen di Jawaban.com. Kamar masih berantakan, tapi ga mikir buar beres-beres. Akakakka… Seminggu ini kerjaan full loadnya dan kalau udah pulang cuapeeee buanget. Hari ini mau santai dulu dan segerin otak. Siang baru kita obrak-abrik kamarnya.

Sabtu ga malam mingguan?? Ngga deh, biar hibernasi dulu. Aki juga lagi pilek jadi butuh banyak istirahat. Dia juga lagi pengen nonton bola klub kesayangannya Juventussss…Si belang-belang.

Brave: Keberanian Yang Sesungguhnya



Mari kita lupakan tentang Batman yang Wow dan bikin berdecak kagum sambil pegal leher, sekarang saya mau bahas film animasi yang ga kalah bikin hati diaduk-aduk BRAVE.

Yang sudah nonton film ini acung kaki!!

Friday, August 10, 2012

Denger Yang Bener...



Mendengar berbeda dengan mendengarkan. Pernah dengar kalimat ini? Saya sering mendengar kalimat ini, terutama dari salah satu dosen psikologi pendidikan waktu jaman kuliah. Mendengar itu mungkin seperti menerima informasi hanya sepintas lalu, tapi mendengarkan berarti menerima informasi, menyimpannya, dan merenungkannya hingga informasi tersebut secara otomatis tersimpan dalam memori kita.

Di jaman itu dosen saya menerangkan bahwa kata 'mendengar' dalam huruf mandarin tersusun dari beberapa kata, yaitu hati, telinga, dan pikiran (kalau tidak salah) dan penjelasan dosen saya ini terngiang-ngiang di kepala saya sampai sekarang.

Sebelum Beli Buku


Sering jalan-jalan ke toko buku? Kalau belum pernah, coba mampir dan lihat-lihat beberapa buku yang menurut kamu menarik.

Kalau kita liat-liat terutama di salah satu toko buku ternama, begitu masuk ke dalamnya kita akan langsung melihat deretan buku-buku dengan judul-judul yang sangat menarik. Mulai dari tentang bagaimana menjadi orang yang kaya, tentang membangun karakter, tentang inspirasi dari tokoh-tokoh terkenal yang semuanya kalau dibaca dijamin kita pasti akan berdecak kagum dan mengucapkan “ Oh, begitu yaaa..”

Jaman saya SD sampai SMA buku-buku seperti itu tidak banyak saya lihat dan dengar, tapi sekarang seperti lumut di hutan hujan tropis…Buku-buku itu ada dimana-mana. Bahkan sudah ada yang pakai iklan reklame dan iklan tivi.

Satu hari saya dan Aki melihat-lihat apa yang tidak bisa dibeli (tanda orang lagi kere) di sebuah toko buku ternama. Saya melihat judul-judul buku yang saya maksud di atas dan berpikir…

”Bosen banget ya liat buku beginian semua.”
Lalu saya melontarkan kalimat ini, “ Ah, dibaca semua juga percuma kalau ga dipraktekin.”.. Saya terkejut dengan kalimat yang keluar dari mulut saya sendiri.

Banyak membaca buku terutama buku-buku yang kita anggap bisa menjadi jalan keluar memang akan menjadi sekedar informasi saat kita tidak mempraktekkannya dan saat itu saya seperti ada renungan baru di kepala saya. Kadang banyak dari kita mau banyak berubah dan mencari banyak informasi untuk bisa mencapai perubahan, tapi kok hasilnya sama aja ya. Hidup ga berubah. Bos tetap sama, pasangan tetap nyebelin, teman tetap begitu, saya juga tetap ga berkembang. Begini-begini aja.

Pasalnya keinginan berubah ternyata ga cukup. Ada 1 poin lagi yang perlu kita miliki dan itu kunci utamanya. Yang kita perlukan saat ingin berubah adalah hati yang mau belajar.. Yang berarti, siap meninggalkan kenyamanan dan merasakan kesakitan.
Pengetahuan menjadi berguna saat kita mempertimbangkan keputusan dengan adanya pengetahuan itu, tapi kalau pengetahuan itu hanya untuk kita ceritakan pada orang lain tanpa mempraktekannya, apalah artinya semua itu? Sejuta pengetahuan tidak akan mengubah hidup kita, tapi satu langkah yang kita ambil dengan keyakinan dan keberanian dapat mengubah hidup kita dan orang lain. Jadi, sebelum beli buku, pastikan dulu kita siap untuk belajar. Ekekekkeke….

[ARTIKEL] GA SEMUA ORANG DILAHIRKAN UNTUK SUKSES

Kalau ukuran kita untuk sukses adalah punya uang banyak, menjadi terkenal, punya jabatan tinggi, disegani semua orang... Bayangkan kalau ...