[Resep] Ayam Tumis Kecap

Menu makan malam hari ini. Sayuran dan ayam tumis kecap. Rasanya??? Yumayan. Hahahha. Sebenarnya lebih enak dimakan dengan nasi hangat, tapi harus nahan diri buat makan nasi malem-malem. 
Setelah saya pikir-pikir juga ternyata aroma nasi tuh mengimbangi aroma rempah-rempah yang tajam. Makanya kalau makan yang pedas atau full rempah-rempah paling enak dimakan dengan nasi hangat. Yummyyy...




Cara bikin makanan di atas seperti ini.

Rebus daging ayam tanpa tulang yang sudah dibumbui dengan bumbu halus (bawang putih & merah, jahe, dan ketumbar).
Rebus ayam yang sudah dibumbui

Ini jahe, bawang merah & putih, dan ketumbar yang sudah dihaluskan

Untuk memasak sayurannya gunakan air bekas rebusan ayam. Masukan kentang dan wortel terlebih dahulu. Kalau sudah matang, matikan api dan masukan brokoli. Biarkan brokoli layu dengan ari panas tanpa api. Setelah cukup matang, tiriskan.

Air bekas rebusan jangan dibuang. Masukan kentang dan wortel yang dipotong -potong. Kalau keduanya sudah matang, matikan api. Masukan brokoli dan biarkan layu di air yang panas.


Daging ayam yang sudah direbus dipotong-potong. Potong-potong juga bawang 1/4 bawang bombay.
Daging ayam rebus yang sudah ditiriskan

Daging ayam dan bawang bombay yang sudah dipotong

Tumis bawang bombay dengan margarin hingga layu. Jika sudah layu masukan daging ayam, setelah itu kecap secukupnya. Berikan sedikit air dan garam secukupnya, lalu aduk terus sampai kuah mengental dan bumbu terserap daging ayam.

Tumis bawang bombay hingga layu.

Masukan ayam dan kecap, beri garam secukupnya.

Jika sudah matang, sajikan bersama sayur-sayuran...Hmmm...Yummy...Rasa sayurannya memang flat. Tapi ayamnya sangat berbumbu. Kalau tidak terlalu suka yang berbumbu bisa kurangi salah satu bumbu seperti jahe atau ketumbar.

Yang tidak sedang diet bisa dimakan dengan sedikit nasi. Pasti lebih mantap. :P

0 Comments